Sering diremehkan, catatan pengeluaran ternyata poin penting startup sukses

Jumat, 27 April 2018 00:02 Reporter : Ayu Miranti
Sering diremehkan, catatan pengeluaran ternyata poin penting startup sukses Sering diremehkan, catatan pengeluaran ternyata poin penting startup sukses. ©thenextdev.id/stellamaris

Merdeka.com - Catatan keuangan itu sangat vital bagi kesuksesan sebuah startup. Hal ini disampaikan oleh Aria Widyanto, Vice President dari Amartha, di depan para peserta The NextDev Academy 2018. Dalam materinya yang berjudul Finance Reporting & Projection: Don't Track Your Money & Plan Wisely, Aria mengungkapkan bahwa startup sebaiknya memperjelas perencanaan bisnis dulu dalam mempersiapkan laporan keuangan.

Dengan rencana bisnis yang matang, seorang founder akan tahu langkah yang harus diambilnya serta berapa biaya yang diperlukan untuk mencapai growth yang ingin dicapai. Catatan itu juga penting untuk merencanakan pendapatan yang diinginkan oleh startup.

Berkat presentasi yang diberikan oleh Aria Widyatno, banyak peserta startup yang memahami betapa pentingnya catatan keuangan bagi sebuah perusahaan yang dimulai dari nol. Salah satunya adalah Dede Saputra, yang merupakan Co-Founder dari Marlin Booking. Ia mengatakan bahwa materi tersebut cukup memberikan pencerahan, khususnya untuk menghitung burn rate dan turn around dalam cash flow projection.

"Logikanya turn around hanya omset yang bisa menutup pengeluaran, tanpa kerugian. Meski sudah turn around ternyata belum tentu profit," ungkap pendiri aplikasi berbasis sistem transportasi laut tersebut.

Ingin tahu lebih banyak tentang apa yang disampaikan Aria Widyanto dalam The NextDev Academy 2018? Simak selengkapnya di sini. [ayu]

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini