Sering Belanja Online Karena WFH, Ini Tips Agar Kantong Tak Jebol

Selasa, 12 Mei 2020 04:00 Reporter : Merdeka
Sering Belanja Online Karena WFH, Ini Tips Agar Kantong Tak Jebol Ilustras masalah keuangan. ©shutterstock.com/Robert Kneschke

Merdeka.com - Sejak diberlakukan kebijakan kerja dari rumah atau work from home (WFH), belanja online menjadi andalan masyarakat untuk memenuhi segala kebutuhannya. Mulai dari belanja keperluan rumah tangga, keperluan kantor, keperluan sekolah hingga barang-barang hobi.

Meski demikian, tantangan untuk berbelanja online lebih besar dibanding belanja offline. Dengan adanya kemudahan berbelanja melalui e-commerce, maka godaan untuk membeli barang-barang akan lebih besar, meski barang yang dibeli tidak terlalu diperlukan.

Selain itu, belanja online juga mengharuskan masyarakat membayar ongkos kirim dan biaya tambahan lainnya. Sehingga, dana yang dikeluarkan untuk belanja online akan lebih besar dibanding belanja secara offline.

Berikut tips untuk menghindari kantong tak jebol karena belanja online, dilansir U.S News.

1 dari 4 halaman

Manfaatkan Promo

Jangan pernah lupa untuk menggunakan diskon yang ditawarkan berdasarkan layanan yang Anda gunakan. Saat ini banyak diskon berupa kupon atau kode promo diberikan oleh layanan belanja (marketplace) maupun toko. Anda harus menggunakan kupon digital yang tertanam di antarmuka pemesanan saat belanja online, atau memasukkan kode promo di checkout.

Selain itu, perusahaan pengiriman grosir kadang-kadang mengirim email penawaran khusus kepada penggunanya. Anda mungkin menerima kode promo untuk diskon, diskon khusus yang bisa Anda buka dengan memesan produk tertentu dan penawaran barang gratis. Jadi sebelum menempatkan pesanan belanja online Anda, periksa kotak masuk Anda.

2 dari 4 halaman

Hindari Biaya Pengiriman

pengiriman

Biaya pengiriman dibebankan di atas biaya belanjaan saat Anda memesan secara online. Biaya bervariasi berdasarkan layanan dan, kadang-kadang, berdasarkan ukuran dan waktu pemesanan. Namun, Anda terkadang dapat menghindari biaya ini.

Banyak platform toko online yang memberikan ongkos kirim gratis, yang terpenting Anda sering menggunakan platform itu.

3 dari 4 halaman

Hindari Waktu Belanja yang Sibuk

belanja yang sibuk

Beberapa layanan pengiriman bahan makanan menambahkan biaya tambahan jika Anda ingin pesanan Anda dikirimkan pada waktu sibuk. Mereka menyebutkan ini "harga sibuk". Jika Anda melihat biaya seperti itu ditambahkan ke pesanan Anda, pilih waktu lain untuk menerima bahan makanan Anda.

4 dari 4 halaman

Berlangganan dengan Hati-hati

hati hati

Beberapa layanan pengiriman bahan makanan menawarkan opsi berlangganan. Sebagai imbalan dari pembayaran bulanan atau tahunan, Anda tidak perlu membayar biaya pengiriman jika pesanan Anda memenuhi batas minimum.

Dalam banyak kasus, Anda dapat mendaftar untuk uji coba gratis layanan ini. Namun, pikirkan baik-baik sebelum mendaftar. Jika Anda memesan bahan makanan secara online hanya sesekali, Anda dapat menghabiskan lebih sedikit sepanjang tahun jika Anda hanya membayar pengiriman setiap kali.

Namun, jika Anda adalah pengguna utama layanan pengiriman bahan makanan daring favorit Anda, berlangganan dapat menghemat uang Anda sepanjang tahun.

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6.com [azz]

Baca juga:
Antisipasi Corona Covid-19, Ini 6 Cara Aman Berbelanja di Toko dan Online
Bikin Gaji Cuma 'Numpang Lewat', Yuk Hentikan 4 Kebiasaan Buruk Ini
Berisiko, Ini Produk-Produk Kecantikan yang Sebaiknya Tidak Dibeli Online

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini