Serbuan Produk Asal China di Pasar Indonesia

Kamis, 16 Mei 2019 07:00 Reporter : Siti Nur Azzura
Serbuan Produk Asal China di Pasar Indonesia

Merdeka.com - Impor produk China bukan hal yang baru lagi. Berbagai produk asal negeri tirai bambu ini pun cukup beragam dan membanjiri pasar Indonesia. Seperti pakaian, bawang putih, hingga kacamata.

Badan Pusat Statistik (BPS) mengatakan, tiga negara besar pemasok barang impor sepanjang Januari hingga April adalah China, Jepang dan Thailand. Dari tiga negara tersebut China menempati urutan pertama dengan nilai barang impor mencapai USD 14,37 miliar.

"Tiga negara pengimpor terbesar adalah Tiongkok (China), Jepang dan Thailand," ujar Kepala BPS Suhariyanto saat memberi keterangan pers di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Rabu (15/5).

Suhariyanto mengatakan, Indonesia sejauh ini juga masih mengalami defisit perdagangan cukup besar terhadap China. Hingga April 2019, defisit perdagangan Indonesia terhadap negara tirai bambu tersebut sebesar USD 7,1 miliar.

Sayangnya, produk Indonesia kalah dari China karena harga. Padahal, kualitas produk Indonesia jauh lebih baik dari China. Untuk itu, pemerintah pun mengeluarkan strategi untuk menekan jumlah impor produk China.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini