Serapan Anggaran Kementerian PUPR Baru 65 Persen Hingga November 2019

Selasa, 5 November 2019 12:20 Reporter : Merdeka
Serapan Anggaran Kementerian PUPR Baru 65 Persen Hingga November 2019 Rupiah. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Direktur Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Sugiyartanto mengonfirmasi bahwa hingga awal November ini pihaknya telah berhasil mendongkrak jumlah penyerapan anggaran mencapai sekitar 65 persen.

"Saya kira kalau penyerapan, kita kan masih sekitar (sisa) dua bulan. Sekarang posisinya sudah sekitar 65 persen kita optimalkan," ujar dia saat acara Konferensi Nasional Teknik Jalan (KNTJ) ke-10 di Mercure Convention Center, Ancol, Jakarta, Selasa (5/11).

Pria yang akrab disapa Sugi ini menekankan, proses penyerapan bukan jadi tolak ukur utama terkait penggunaan anggaran. Sebab, banyak proyek di bawah wewenang instansi yang bersifat kontrak tahun jamak (multiyears contract) dan tidak harus selesai di tahun yang sama.

"Saya kira ukurannya bukan tingginya penyerapan, tapi lebih kepada kualitas pekerjaannya," ujar dia.

Untuk target penyerapan anggaran pada 2020 mendatang, dia berharap banyak proyek yang bersifat multiyears tersebut dapat segera rampung.

"Harapannya semua multiyears bisa selesai, karena sebagian multiyears atau yang mengalami perpanjangan waktu. Seperti Jembatan Yahuli (di Papua) itu mungkin karena banjir sehingga mengalami kemunduran bulan Maret baru selesai," tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan, Sri Mulyani menyebut bahwa serapan anggaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) masih rendah dibawah 50 persen.

Sampai 30 September 2019, penyerapan anggaran Kementerian PUPR baru sekitar 48,5 persen. Padahal, Kementerian PUPR merupakan salah satu kementerian yang mendapat alokasi terbesar di 2019, yakni sekitar Rp102,2 triliun.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [idr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini