Sepeda Motor Sumbang Polusi Terbesar di Jakarta

Jumat, 16 Agustus 2019 16:56 Reporter : Merdeka
Sepeda Motor Sumbang Polusi Terbesar di Jakarta

Merdeka.com - Polusi di Jakarta akhir-akhir ini semakin parah dengan status tidak sehat. Bahkan Jakarta sering menempati posisi teratas sebagai kota yang paling tercemar di dunia dengan rata-rata tahunan konsentrasi PM 2.5 pada Januari 30 Juli 2019 adalah 46.16 g/m3 (Tidak Sehat).

Direktur eksekutif komite penghapusan bensin bertimbal (KPBB), Ahmad Safrudin mengungkapkan bahwa penyumbang terbesar pencemaran udara di Jakarta adalah kendaraan roda dua atau Sepeda motor.

"Sepeda motor menghasilkan polutan mencapai 44,53 persen. Hal ini disusul dengan bus yang menyumbang 21,43 persen, truk 17,70 persen dan mobil pribadi sebesar 16,11 persen. Sementara itu, emisi rumah kaca (GRK) berupa CO2 sumber utamanya berasal dari Bus dan Truk yang masing-masing 47.72 persen dan 33.26 persen," ungkap Ahmad Safrudin ketika ditemui di Sekretariat KPBB, Jakarta Jumat (16/08).

Dia mengungkapkan, kondisi ini kian diperparah oleh banyaknya kendaraan roda dua yang berasal dari luar Jakarta setiap harinya.

"Jadi dalam konteks ini kita juga pernah melakukan traffic counting, menghitung lalu lintas tidak hanya di Jakarta tetapi juga di perbatasan, jadi untuk menghitung potensi kendaraan para commuters dari Bodetabek ke jakarta," ujarnya.

Dari hasil perhitungan tersebut, dia menyebutkan bahwa di DKI Jakarta terdapat sekitar 40 Juta unit kendaraan dengan mayoritas sepeda motor, sedangkan kendaraan yang berpotensi masuk ke wilayah DKI Jakarta yang berasal dari Bodetabek mencapai 20 juta unit kendaraan per harinya.

"Berdasarkan hasil tersebut, sekitar 14 hingga 15 juta unit kendaraan yang masuk ke wilayah jakarta merupakan kendaraan roda dua sedangkan sisanya sekitar 5 juta unit kendaraan merupakan roda empat," tutupnya.

Reporter Magang: Evie Haena Rafiah [idr]

Topik berita Terkait:
  1. Kemacetan
  2. Polusi Jakarta
  3. Polusi
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini