Seminggu Beroperasi, Penumpang Bandara Jenderal Soedirman Tembus 70 Persen

Jumat, 11 Juni 2021 10:20 Reporter : Merdeka
Seminggu Beroperasi, Penumpang Bandara Jenderal Soedirman Tembus 70 Persen Bandara Jenderal Soedirman. ©Instagram/@angkasapura2

Merdeka.com - Bandara Jenderal Besar Soedirman di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, resmi beroperasi secara komersial mulai Kamis, (3/6). Bandara ini melayani penerbangan dengan rute Surabaya-Purbalingga-Jakarta, dilayani oleh maskapai Citilink.

Presiden Joko Widodo, dalam kunjungannya, mengatakan penumpang penerbangan dari bandara ini mencapai lebih dari 70 persen.

"Minggu lalu telah mulai dilakukan penerbangan dari Jakarta ke Purbalingga, Purbalingga ke Surabaya oleh Citilink dan kita lihat penumpangnya lebih dri 70 persen," ujar Jokowi saat memberikan keterangan pers, Jumat (11/6).

Jokowi mengaku senang melihat progres pembangunan bandara ini meskipun ada fasilitas yang masih dibangun. Menurutnya, operasional saat ini jauh lebih produktif ketimbang menunggu bandara benar-benar jadi.

"Saya kira ini akan lebih produktif daripada kita menunggu dan saya kira cara-cara cepat seperti ini yang akan kita lakukan terhadap airport lain," katanya.

Diharapkan, kehadiran bandara ini dapat berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah bagian selatan diproyeksi akan tumbuh, tidak hanya dari sisi mobilitas masyarakat namun dari pengiriman barang atau logistik. "Tidak hanya di Purbalingga tapi di Banyumas, Cilacap, Banjarnegara, Wonosobo dan daerah sekitarnya termasuk Kebumen," kata Jokowi.

Mengutip laman resmi Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Bandara Jenderal Soedirman berdiri di atas lahan seluas 115 hektar oleh BUMN konstruksi PT Hutama Karya dengan nilai kontrak Rp 231 miliar.

Konstruksi Tahap I bandara ini terdiri dari pekerjaan runway sepanjang 1.600 meter dan lebar 30 meter, taxiway, apron, serta terminal penumpang dengan kapasitas 98.812 penumpang per tahun. Pesawat yang bisa dilayani adalah ATR 72-600 atau sejenis dengan kapasitas 78 penumpang.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini