Semilir, Finalis Kreatif Lokal Award Raup Rp50 Juta/Bulan dari Karya Ramah Lingkungan

Minggu, 18 Oktober 2020 21:29 Reporter : Merdeka
Semilir, Finalis Kreatif Lokal Award Raup Rp50 Juta/Bulan dari Karya Ramah Lingkungan Dusun Semilir. ©Instagram/@dusunsemilir

Merdeka.com - Kreatif Lokal Award 2020, bagian dari Festival Kreatif Lokal 2020, kini memasuki tahap akhir. Hari ini, telah dilakukan penjurian sesi pertama untuk finalis di kategori Fashion, Pertunjukan dan Fotografi.

Salah satu finalis dari kategori Fashion yang menarik perhatian dengan ide unik dan berkelanjutan ialah UMKM Semilir. UMKM ini memproduksi produk fashion seperti tas, baju hingga dompet dengan motif daun alami yang dicetak langsung dengan metode ecoprint.

"Kami ingin memberi angin segar untuk wanita perkotaan melalui fashion dengan teknik ecoprint," ujar Alfira Oktaviani, perwakilan UMKM Semilir dalam tayangan penjurian Kreatif Lokal Award 2020 di vidio.com, Minggu (18/10).

Untuk segmen pasarnya, Semilir menyasar wanita kalangan menengah atas usia 20 hingga 60 tahun di kota besar yang menyukai produk handmade, lokal dan ramah lingkungan agar mereka dapat menikmati suasana alam di kota. Proses produksi kriya mereka juga memperhatikan lingkungan dan memberdayakan ibu-ibu di wilayah Semilir dibangun.

Omzetnya sendiri cukup menggiurkan. "Sebelum pandemi Corona, kami mendapatkan omzet sekitar Rp 50 juta per bulan," katanya.

Dalam rencana yang lebih besar, Alfira ingin agar Semilir bisa berkembang dan menjadikan wilayah tempat kerajinan Semilir dibuat sebagai Desa Pengrajin Ecoprint yang turut membentuk ekosistem usaha di sana.

Untuk mewujudkan hal itu, dirinya mengikuti ajang Lokal Kreatif Award 2020 dan bersaing dengan beberapa kontestan yang lain. Selain Semilir, terdapat pula UMKM produk fashion kerajinan kulit, Ezmour dan UMKM produk pakaian anak bebas plastik, Balabalabear.

Baca Selanjutnya: Hadiah Pemenang Kreatif Lokal Award...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini