Selama Corona, PNS Diminta Laporkan Lokasi Keberadaan Setiap Hari

Senin, 27 April 2020 12:28 Reporter : Anisyah Al Faqir
Selama Corona, PNS Diminta Laporkan Lokasi Keberadaan Setiap Hari pns. ©perak.jombangkab.go.id

Merdeka.com - Wakil Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Supranawa Yusuf, mengatakan setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) wajib memberitahukan lokasi keberadaannya kepada pengelola kepegawaian di unitnya masing-masing. Mereka diminta membagikan lokasi terkini (share location) setiap pagi, siang dan sore hari.

"Mereka (ASN) harus lapor pagi, siang dan sore sedang di mana dan share location," kata Supranawa dalam konferensi pers virtual di akun YouTube @BKNgoidofficial, Jakarta, Senin (27/4).

Sementara, bagi ASN yang memiliki keterbatasan sinyal internet, laporan keberadaan bisa disampaikan lewat sms atau cara manual lainnya. Langkah ini dilakukan untuk mengetahui keberadaan ASN dan menghindari pergerakan mereka di tengah pandemi Covid-19.

Sebagaimana dalam Surat edaran Kementerian PAN-RB yang menyatakan setiap Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) diminta melakukan pengawasan dan pemantauan pergerakan keberadaan ASN di setiap instansi. PPK pun wajib memberikan laporannya setiap hari mengenai keberadaan ASN.

Bahkan ada beberapa instansi yang membuat aplikasi khusus untuk mengetahui keberadaan ASN. Misalnya aplikasi Pedulilindungi yang dibuat Kementerian Komunikasi dan Informatika. Aplikasi ini digunakan ASN di lingkungan kementerian tersebut.

"Semua instansi sudah melakukan itu dan banyak instansi yang membuat aplikasi," kata dia.

Baca Selanjutnya: Sanksi Bagi PNS Pelanggar Aturan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini