Selain Penahan Banjir, Bendungan Sindangheula Akan jadi Kawasan Wisata Baru Serang

Senin, 25 November 2019 15:31 Reporter : Merdeka
Selain Penahan Banjir, Bendungan Sindangheula Akan jadi Kawasan Wisata Baru Serang Bendungan Sindangheula. ©2019 Liputan6.com/Maulandy Rizki Bayu Kencana

Merdeka.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menjadikan Bendungan Sindangheula di Kabupaten Serang, Banten sebagai salah satu destinasi wisata. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang akan turut dilibatkan guna mewujudkan hal tersebut.

"Untuk pariwisata, diarahkan saja ke arah genangan, jangan ke hilir. Desainkan ke pemerintah daerah, mana saja wilayah hulu wilayah genangan yang akan dipakai jadi tempat rekreasi," ujar Dirjen Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR, Hari Suprayogi saat proses impounding di Bendungan Sindangheula, Senin (25/11).

Selain sebagai pemasok air baku dan irigasi, Bendungan Sindangheula akan multifungsi untuk pengendalian banjir hingga pariwisata. Oleh karenanya, dia berpesan agar kawasan wisata berlokasi di area hulu sehingga tak mengganggu operasi utama waduk.

"Ini kan multifungsi. Selain untuk irigasi juga untuk air baku, wisata, juga pengendalian banjir, juga konservasi, juga perikanan. Makanya saya pesan, untuk wisata dan perikanan itu ya di daerah hulu, jangan dekat-dekat dengan tubuh bendungan karena perlu kita jaga keamanannya," imbuhnya.

1 dari 1 halaman

Cari Spot Wisata di 2020 Mendatang

Kepala SNVT Pembangunan Bendungan BBWS Cidanau, Ciujung, dan Cidurian Suherlan menyatakan, akan mengkaji spot-spot mana saja yang laik untuk dijadikan area wisata pada 2020 mendatang.

Dia membuka kemungkinan bahwa tempat tersebut nantinya akan dikembangkan sebagai kawasan wisata air. Agar rencana itu berjalan lancar, Kementerian PUPR juga akan bersinergi dengan pemerintah daerah setempat.

"Konsep wisata belum terkaji tapi kemungkinan wisata air, spot-spot untuk umum. Mudah-mudahan nanti masukan dari beberapa pihak terutama kabupaten akan kami akomodir sehingga tertata bagus lah," ungkap dia.

Ke depan, Kementerian PUPR disinyalir bakal menyerahkan hak kelola wisata di Bendungan Sindangheula kepada Pemkab Serang. "(Pengelola kawasan wisata?) Kemungkinan diserahkan ke pemkab," tandasnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [idr]

Baca juga:
Mulai Pengisian Air, Bendungan Sindangheula Target Diresmikan Jokowi Awal 2020
Deretan Proyek Kebanggaan Jokowi yang Dibeberkan di Akhir Masa Jabatan
Bendungan Masuk Proyek Strategis Nasional Tunggu Restu Presiden Jokowi
Di Forum Irigasi Dunia, RI Paparkan Fungsi Bendungan Meningkatkan Ketahanan Air
Melihat Progres Pembangunan Bendungan Ciawi

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini