Sektor Pariwisata Bisa Jadi Tonggak Pemerintah Lawan Resesi Global

Kamis, 7 November 2019 12:06 Reporter : Merdeka
Sektor Pariwisata Bisa Jadi Tonggak Pemerintah Lawan Resesi Global Raja Ampat. © Pinterest

Merdeka.com - Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi menuturkan, industri pariwisata Indonesia dapat dioptimalkan untuk melawan ancaman resesi global. Menurutnya, menggenjot sektor pariwisata dapat dijadikan salah satu andalan dalam menangkal perlambatan ekonomi global.

"Secara paralel kita harus menggenjot pariwisata. Karena saya yakin Indonesia begitu banyak potensi wisatanya. Dalam hal itu, persoalan kita di pariwisata ada 3A (atraksi,amenitas, dan aksesibilitas) dan 2P (promosi dan pelaku)," tuturnya di Jakarta, Kamis (7/11).

Dia menjelaskan, akses menuju tempat wisata harus dipermudah, sehingga wisatawan akan tertarik untuk berkunjung.

"A berikutnya adalah atraksi. Kita sama-sama mengetahui turis-turis tinggal di Indonesia itu hanya bermalam 1,7 hari. Berarti tidak dua malam ya. Karena atraksinya tidak menarik atau kurang. Seperti Turki, turis-turis bisa long of stay bisa satu minggu," ujarnya.

Sedangkan amenitas yakni terkait persoalan kekurangan kebersihan dan standar keramahan. "Service something like that," ujarnya.

Dia juga melanjutkan, promosi dan pembiayaan akan terus diupayakan Pemerintah dalam mengkerek industri pariwisata RI. "P berikutnya adalah pembiayaan. Kita hadir di sini untuk menarik bagaimana kita bisa mendapatkan pembiayaan. Seperti apa visibility kita dapatkan," tegasnya.

Baca Selanjutnya: Antisipasi Perlambatan Ekonomi Global...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini