Sejarah motor Jepang rajai jalanan Indonesia hingga kartel harga

Jumat, 22 Juli 2016 08:05 Reporter : Idris Rusadi Putra
Sejarah motor Jepang rajai jalanan Indonesia hingga kartel harga Motor matic paling laku. ©2014 Otosia.com

Merdeka.com - Sepeda motor saat ini sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat Indonesia. Minimnya angkutan umum dan murahnya kredit sepeda motor membuat masyarakat berbondong-bondong untuk membeli. Sadar atau tidak, sepeda motor buatan Jepang seperti Honda dan Yamaha telah menguasai lebih dari 90 persen pangsa pasar Tanah Air.

Pabrikan motor Jepang terus berinovasi menciptakan sepeda motor yang nyaman untuk masyarakat. Honda misalnya, perusahaan pertama kali mengeluarkan sepeda motor tipe bisnis, S 90 Z bermesin 4 tak dengan kapasitas 90cc.

Jumlah produksi pada tahun pertama selama satu tahun hanya 1.500 unit, namun melonjak menjadi sekitar 30 ribu pada tahun dan terus berkembang hingga saat ini.

Dikutip dari situs resmi Honda, PT Astra Honda Motor (AHM) merupakan pelopor industri sepeda motor di Indonesia. Didirikan pada 11 Juni 1971 dengan nama awal PT Federal Motor. Saat itu, PT Federal Motor hanya merakit, sedangkan komponennya diimpor dari Jepang dalam bentuk CKD (completely knock down).

Seiring dengan perkembangan kondisi ekonomi serta tumbuhnya pasar sepeda motor terjadi perubahan komposisi kepemilikan saham di pabrikan sepeda motor Honda ini. Pada tahun 2001 PT Federal Motor dan beberapa anak perusahaan di-merger menjadi satu dengan nama PT Astra Honda Motor, yang komposisi kepemilikan sahamnya menjadi 50 persen milik PT Astra International Tbk dan 50 persen milik Honda Motor Co. Japan.

Akhir 2014 silam, PT Astra Honda Motor (AHM) mulai mengoperasikan pabrik sepeda motor terbarunya di Karawang dengan kapasitas produksi 1,1 juta unit pertahun yang akan dimanfaatkan untuk memenuhi permintaan sepeda motor di pasar domestik dan pasar ekspor di kawasan ASEAN di masa mendatang. Dengan keseluruhan fasilitas ini PT Astra Honda Motor saat ini memiliki kapasitas produksi 5.8 juta unit sepeda motor per-tahunnya, untuk permintaan pasar sepeda motor di Indonesia yang terus meningkat.

Tak hanya Honda, pabrikan Yamaha juga berkembang pesat di Indonesia. [idr] SELANJUTNYA

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini