Sederet alasan mengapa orang lebih suka menyimpan dana di Singapura

Minggu, 24 Desember 2017 08:00 Reporter : Siti Nur Azzura
Sederet alasan mengapa orang lebih suka menyimpan dana di Singapura Patung Merlion. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Alasan pertama adalah situasi politik di Singapura terbilang aman dan stabil. Dibanding beberapa negara lain, situasi politik di Singapura relatif lebih aman dan stabil. Sehingga pemilik dana merasa nyaman memercayakan penempatan dananya di negara itu.

Situasi politik tentunya memengaruhi berbagai hal termasuk keamanan dan kenyamanan di suatu negara. Terlebih lagi bagi para pemilik dana yang melimpah itu, tentunya mereka membutuhkan dan mencari tempat yang dirasa nyaman untuk investasinya. Tak dipungkiri, selama ini pemerintah Singapura memberikan jaminan iklim politik yang aman dan stabil tersebut.

Kedua, Singapura juga dikenal dengan sistem pengawasannya yang kuat dari para pembuat kebijakan alias regulator. Sehingga tingkat kepercayaan terhadap pemerintah juga cukup baik dan dipandang kredibel.

Tentu hal ini membuat para pelaku pasar keuangan di Singapura juga relatif terhindar dari tindak kecurangan atau penipuan (fraud) yang merugikan. Sehingga, aset para pemilik modal yang ditempatkan atau diinvestasikan di Singapura tersebut relatif lebih aman.

Ketiga, Singapura memiliki pengalaman mengatasi krisis dengan baik. Pengalaman Singapura dalam menangani dan mengelola krisis tersebut telah diakui oleh para manajer investasi di berbagai negara. Sehingga para pemilik dana ini menaruh kepercayaan di negara ini.

Seperti diketahui, krisis ekonomi yang terjadi di suatu negara umumnya dimulai dari terjadinya krisis pada sektor keuangan. Dalam kondisi krisis tersebut, maka pemilik modal juga akan menjauh, yang berakibat pada semakin sulitnya lapangan pekerjaan, hingga pengangguran dan kemiskinan meningkat. [azz] SELANJUTNYA SEBELUMNYA

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini