Sebelum lengser, Dahlan janji bayar gaji buruh Merpati dan Leces

Rabu, 17 September 2014 08:12 Reporter : Novita Intan Sari
Sebelum lengser, Dahlan janji bayar gaji buruh Merpati dan Leces Karyawan Merpati demo di Grahadi Surabaya. ©2014 Merdeka.com/Andriansyah

Merdeka.com - Menteri badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan berjanji bakal menyelesaikan persoalan pembayaran hak atau gaji karyawan PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) dan PT Leces (Persero) yang belum dibayarkan. Dia menjanjikan pembayaran dilakukan sebelum Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II berakhir.

"Saya kira jalan yang tersedia, saya juga pingin sebelum mengakhiri jabatan ini sudah selesai," ujarnya di Gedung DPR, kemarin malam (18/9).

Dia menegaskan hanya ada satu cara untuk melunasi utang pada karyawan, yaitu dengan menjual aset Merpati, yaitu Merpati Maintenance Facility (MMF). Akan tetapi, menjualnya tidak bisa menggunakan cara yang biasa.

"Jika menggunakan cara biasa, membutuhkan waktu selama dua tahun untuk bisa menjual MMF. Akan tetapi, hal tersebut juga masih belum dapat menjamin penjualan anak usaha Merpati."

Dia menegaskan dana yang harus disiapkan oleh maskapai yang saat ini tengah terpuruk, sebesar Rp 300 miliar. Tetapi, hasil dari perhitungan karyawan Merpati, dana yang harus dibayarkan adalah sekira Rp 1 triliun. "Kalau misalnya MMF laku Rp 1 triliun ya tidak apa-apa, tapi tidak mungkin. Itu pesangon dan lain-lain macam-macam dijadikan satu," ungkapnya.

Sedangkan untuk PT Leces dirinya menyebutkan akan mengambil cara dengan mencari BUMN lain untuk mau menjalin kerjasama, contohnya membangun suatu proyek yang dapat menghasilkan pendapatan, dan pendapatan tersebut ditujukan untuk membayar tunggakan hak pegawai Leces.

"Kalau leces pembayarannya kurang lebih Rp 18 miliar, lagi mencari BUMN yang mau kerjasama sama leces membangun sesuatu di tanahnya leces terus nanti leces dapat uang dari BUMN yang punya uang tersebut untuk pesangon karyawan," katanya. [arr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini