Satu Resep Rahasia Kunci Menjadi Orang Kaya Ala Para Miliuner Dunia

Rabu, 16 Oktober 2019 06:00 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
Satu Resep Rahasia Kunci Menjadi Orang Kaya Ala Para Miliuner Dunia ilustrasi orang kaya. © nocookie.net

Merdeka.com - Di berbagai ulasan berita para orang kaya kerap dibeberkan beberapa tips menjadi kelompok 1 persen dunia. Atau biasanya disebut kelompok ultra kaya. Sejumlah tips tersebut seperti diet sehat demi kesehatan dan umur panjang, menabung 10 persen dari penghasilan, membaca buku, hingga pandai mengatur waktu.

Dilansir dari CNBC, ternyata ada satu resep kunci yang jarang terpantau para orang kaya menghasilkan pundi-pundi hartanya. Itu adalah bergaul dengan orang-orang positif dan sukses.

Sebab, siapa diri Anda dipengaruhi oleh dengan siapa Anda bergaul. Hasil ini merupakan hasil penelitian yang melibatkan 233 orang kaya dunia dan 128 orang miskin.

Para orang kaya ini cenderung lebih selektif dalam berteman. Mereka tidak menginginkan orang pesimistis ada dalam lingkaran pertemanannya.

Bahkan, orang terkaya seperti Bill Gates dan Warren Buffett setuju dengan berkawan dengan orang yang tepat, Anda akan mampu meraih segala cita-cita yang lebih tinggi.

"Anda akan bergerak ke arah mana orang-orang di sekeliling Anda mengarah," ujar Buffett.

Jika Anda ingin menciptakan dan menumbuhkan kekayaan, Anda harus mengevaluasi setiap pertemanan dan menentukan apakah itu menjadikan orang kaya atau justru merugikan.

1 dari 3 halaman

Berpikiran Terbuka

Selain cara di atas, ada beberapa lagi syarat lain agar Anda menjadi kaya. Miliuner Ray Dalio menuturkan bahwa karakter yang paling menonjol untuk seseorang menjadi miliuner ialah dengan menjadi pribadi yang berpikiran terbuka.

"Sukses apapun yang telah aku raih disebabkan ialah sikapku dalam menghadapi ketidaktahuan, bukan apa yang aku ketahui. Jika Anda mengerti maksud dari berpikiran terbuka dan belajar ilmu tersebut dari orang lain dan mempraktikannya maka tentu hal tersebut akan luar biasa bermanfaat (powerful)," tuturnya.

Dalio juga memaparkan bahwa hal terbaik untuk bisa belajar menjadi pribadi yang terbuka ialah berbincang dengan orang yang memiliki pendapat berbeda dengan Anda. Dengan ini Anda akan mendapatkan inspirasi serta sisi lain yang mungkin belum Anda temui selama ini.

"Carilah orang terpintar yang tidak akan setuju dengan pola pikir Anda, ini untuk menguji cara Anda beropini. Jika mereka tidak setuju, maka perbincangan akan semakin menarik dan tentunya akan mencerahkan. Inilah cara tercepat Anda untuk mendapatkan edukasi," ujar Dalio.

2 dari 3 halaman

Bersahabat dengan Teknologi

Sifat kedua ialah bersahabat dengan teknologi. Tentu bukan rahasia lagi jika saat ini kita hidup dalam era yang terkoneksi serta terintegrasi dengan teknologi. Oleh karena itu, Dalio menyatakan pentingnya untuk update dengan perkembangan teknologi terbaru saat ini.

"Kekuatan serta kemampuan untuk mengambil keputusan serta menggunakan komputer untuk melakukan kerjasama merupakan hal yang sangat fantastis. Algoritme telah memudahkan proses penyerapan informasi daripada saya melihatnya dengan proses yang masih individual," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Berpikir Global

Terakhir ialah berpikir secara global. Dalio mengungkapkan untuk berpikir global merupakan suatu keharusan di era sekarang mengingat pentingnya untuk seseorang mengetahui apa yang tengah terjadi di negara lain pula.

"Berusahalah semaksimal mungkin untuk menjadi orang yang berpikir global. Apapun yang menghambat Anda, tetap berusahalah untuk berpikir global karena banyak hal luar biasa yang terjadi di negara-negara lain. Dan untuk mengetahui itu, sifat ini jelas sangat penting sekali jika kalian ingin jadi miliarder atau sukses," tandas Dalio.

[bim]

Baca juga:
Sudah Tak Nyaman di Kantor, Ini Tips Agar Tetap Semangat Bekerja
Inilah Jangka Waktu Orang Terkaya Dunia Sandang Status Miliarder
Intip Resep Sukses Mantan Direktur Utama BRI
Simak Rahasia Sukses Jack Ma, Si Gaptek yang jadi Pengusaha Tajir e-Commerce
Mimpi dan Realita dalam Meraih Kesuksesan
Berikut Cara Jitu Jadi Kaya Lewat Youtube

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini