Satu persatu perusahaan raksasa dunia hengkang dari Indonesia

Kamis, 4 Februari 2016 06:05 Reporter : Idris Rusadi Putra
Satu persatu perusahaan raksasa dunia hengkang dari Indonesia Ford. © Ford.com

Merdeka.com - Pelemahan ekonomi Indonesia secara nyata berdampak pada kondisi perusahaan di Tanah Air. Banyak yang tidak mampu bertahan, bahkan perusahaan raksasa juga kesulitan di Indonesia.

Pelemahan ekonomi Indonesia dipicu buruknya perekonomian dunia, terutama China. Indeks pembelian manajer (PMI) China melacak aktivitas di pabrik dan bengkel kerja, jatuh menjadi hanya 49,4 pada Januari, tingkat terendah sejak Agustus 2012 dan jauh di bawah angka 50 yang memisahkan antara pertumbuhan dan kontraksi.

Itu merupakan bulan keenam berturut-turut PMI manufaktur China mengisyaratkan kontraksi, menambah kekhawatiran tentang perlambatan pertumbuhan negara sebagai konsumen energi terbesar dunia tersebut.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menilai kebijakan upah murah melalui Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan memiliki andil memperburuk perekonomian Indonesia. Upah murah membuat daya beli masyarakat menurun.

"Karena kebijakan upah murah, daya beli masyarakat menurun sehingga perekonomian tidak tumbuh," kata Said Iqbal dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (2/2).

Iqbal mengatakan, kenaikan upah minimum berdasarkan formula inflasi dan pertumbuhan ekonomi yang diatur dalam PP Pengupahan menyebabkan kenaikan upah pekerja tidak sebanding dengan kenaikan harga barang-barang konsumsi.

Imbasnya, tingkat konsumsi menjadi turun dan memengaruhi pertumbuhan ekonomi. Kondisi perekonomian buruh akhirnya berimbas pada tingkat investasi.

"Kebijakan upah murah juga berimbas pada kesenjangan pendapatan antara yang kaya dan miskin. Rasio GINI Indonesia saat ini sudah 0,41. Hal ini harus menjadi perhatian pemerintah karena revolusi Arab terjadi saat rasio GINI 0,49 dan revolusi Prancis terjadi saat rasio GINI 0,51," tuturnya.

Buruknya perekonomian membuat beberapa perusahaan raksasa dunia hengkang dari Indonesia. Berikut daftarnya:

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini