Saran Menteri Sri Mulyani Agar Akuntan Tak Tergantikan Robot

Kamis, 19 September 2019 12:05 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Saran Menteri Sri Mulyani Agar Akuntan Tak Tergantikan Robot Menteri Keuangan Sri Mulyani Soal Robot. ©2019 Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Menteri Keuangan, Sri Mulyani, menegaskan pentingnya pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menghadapi perkembangan teknologi digital seperti robot. Dengan demikian SDM Indonesia selalu mampu bersaing.

Dia menjelaskan, teknologi digital tidak hanya membawa dampak positif. Teknologi digital juga dapat mengganti tenaga kerja manusia dengan robot. Sebagai contoh, dia menyebut bidang akuntansi merupakan salah satu bidang yang berpotensi digantikan oleh robot.

"Misalnya Anda yang akuntansi, pekerjaan akuntansi sangat mungkin bisa digantikanartificial intelligence dan robot," kata dia, dalam acara Wisuda PKN STAN, di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (19/9).

Menghadapi tantangan tersebut, dia berpesan kepada generasi muda agar terus mengasah kemampuan dan kreativitasnya. "Artinya Anda semua harus merasa Anda lebih baik dari robot apapun untuk ciptakan ganti pekerjaan anda," tegasnya.

Jika tidak demikian, maka SDM Indonesia terutama para pengelola keuangan akan kalah bersaing dan tergerus dalam perkembangan teknologi digital. "Manusia lebih baik dari robot, tapi bukan kepastian yang mutlak. Kalau kita tidak asah kemampuan dan kreativitas, maka Anda akan mudah digantikan mesin," tandasnya. [bim]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini