Sanjungan tinggi Presiden Jokowi pada perajin dalam negeri

Rabu, 27 September 2017 12:32 Reporter : Supriatin
Sanjungan tinggi Presiden Jokowi pada perajin dalam negeri Jokowi dan petani. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo mengatakan, perajin bukan wirausahawan biasa. Perajin dinilai mampu meramu bahan baku sumber daya alam Indonesia menjadi kerajinan yang memiliki nilai tinggi.

"Sehingga orang-orang, wisatawan, pembeli dari luar baik wisatawan maupun buyers dapat memiliki keindahan negara kita Indonesia," katanya saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan Pameran Kriyanusa Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Tahun 2017 di Hall A dan B Balai Sidang, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Rabu (27/9).

Presiden Jokowi menyebut, potensi bisnis produk kerajinan di Tanah Air sangat besar. Sebab, Indonesia memiliki 714 suku dengan budaya berbeda-beda. Di lain sisi, kondisi alam di berbagai daerah begitu indah sehingga bisa menjadi inspirasi bagi para perajin.

"Alam kita begitu indah dan menyediakan bahan baku kerajinan, itu semua adalah sumber inspirasi untuk produk kerajinan. Itulah keunggulan kita," ucapnya.

Mantan Wali Kota Solo ini mengaku bangga banyaknya perajin internasional yang mengambil inspirasi dari kebudayaan Indonesia. Ini juga menjadi motivasi bagi perajin lokal untuk terus berkarya. "Supaya potensi industri kerajinan Indonesia benar-benar melompat ke internasional," sambungnya.

Presiden Jokowi menambahkan dirinya sangat menyukai hasil kerajinan dalam negeri. Setiap melakukan kunjungan kerja di berbagai daerah, mantan Gubernur DKI Jakarta ini tidak lupa membawa pulang hasil kerajinan tangan daerah setempat.

"Saya suka memajang sambil mengingat-ingat perjalanan saya ke daerah-daerah dan kerajinan itu menjadi sumber kenangan," tuntasnya. [bim]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini