Saatnya Manfaatkan Krisis Akibat Covid-19 untuk Cari Pekerjaan Baru

Senin, 21 September 2020 06:00 Reporter : Siti Nur Azzura
Saatnya Manfaatkan Krisis Akibat Covid-19 untuk Cari Pekerjaan Baru Ilustrasi mencari kerja. ©2018 Jobstreet.com

Merdeka.com - Virus Corona telah berdampak terhadap kehidupan tenaga kerja di Indonesia. Laporan Survei JobStreet edisi Agustus 2020 mencatat, 35 persen pekerja mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) dan 19 persen pekerja lainnya tidak bekerja sementara atau dirumahkan.

Yang paling terkena imbasnya adalah para karyawan di Bali (79 persen), mereka yang tidak bekerja penuh waktu (67 persen), baru bekerja selama kurang dari 12 bulan (64 persen), dan karyawan dengan gaji rendah. Hal ini paling mempengaruhi pekerja di sektor perhotelan/katering (85 persen), pariwisata/biro perjalanan (82 persen), periklanan/hubungan masyarakat/jasa pemasaran (82 persen), pakaian/garmen/tekstil (71 persen), makanan dan minuman (69 persen), dan arsitektur/bangunan/konstruksi (64 persen).

Akibatnya, persentase kandidat yang bahagia dengan kualitas hidupnya turun secara signifikan dari 93 persen menjadi 38 persen. Penurunan ini paling jelas terlihat pada pekerja yang di-PHK secara permanen (-71 persen tingkat kebahagiaan) atau sementara tidak bekerja (-59 persen).

Meski demikian, walau kehilangan pekerjaan dalam masa sulit ini mengecilkan hati, ini merupakan kesempatan untuk merawat diri dan mengatur keuangan. Yang terpenting saat ini adalah bagaimana cara memaksimalkan waktu luang Anda.

Meskipun diperlukan berbagai penyesuaian untuk menetapkan suatu rutinitas baru, ingat betapa pentingnya untuk tetap produktif dan fokus pada prioritas Anda, bahkan ketika sedang tidak bekerja. Anda dapat memulai dengan tugas-tugas sederhana namun bermanfaat yang akan memberikan motivasi untuk menangani tugas-tugas yang sulit.

Berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk memanfaatkan waktu istirahat selama pandemi, untuk mendapatkan pekerjaan baru, dikutip JobStreet.

Baca Selanjutnya: 1 Periksa keadaan secara keseluruhan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini