Saat Tol Cisumdawu Beroperasi, Bandung-Kertajati Cuma Butuh Waktu 45 Menit

Kamis, 5 September 2019 10:32 Reporter : Merdeka
Saat Tol Cisumdawu Beroperasi, Bandung-Kertajati Cuma Butuh Waktu 45 Menit Proyek Tol Cisumdawu. ©2017 istimewa

Merdeka.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu) dapat beroperasi pada akhir 2020. Keberadaan Tol Cisumdawu akan memangkas perjalanan yang memakan waktu seperti Bandung-Kertajati yang menjadi hanya 45 menit.

Kasatker Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan Cisumdawu Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Yusrizal Kurniawan mengatakan, untuk perjalanan dari Bandung ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati saja, nantinya hanya akan menelan waktu paling lama hingga 1 jam.

"Shortcut, tidak perlu muter lagi untuk sampai ke Bandara Kertajati, bisa ditempuh 45 menit sampai 1 jam dari Bandung ke Kertajati," tuturnya di Bandung, Kamis (5/9).

Dia menjelaskan, Tol Cisumdawu merupakan tol pertama di Indonesia yang memiliki terowongan. Adapun panjang total Tol Cisumdawu ini ialah 60,4 Km.

"Hampir semua spot Cisumdawu memiliki daya tarik tersendiri seperti jembatan panjang Cinapel, galian terdalam 70 m di Indonesia serta timbunan tinggi 38 Km. Hampir semua ada, tanjakan ada, galian ada, terowongan ada," ujarnya.

Asal tahu saja, Proyek Tol Cisumdawu dengan panjang 60,47 Km ini memiliki 6 seksi. Seksi I dan Seksi II proyek ini digarap oleh pemerintah melalui Kementerian PUPR.

Sedangkan komposisi pemangku kepentingan Tol Cisumdawu untuk Seksi III hingga VI terdiri dari PT Citra Marga Nusaphala Persada, PT Jasa Sarana, PT Brantas Abipraya, PT PP (Persero), dan PT Waskita Karya.

Reporter: Bawono Yadika Tulus

Sumber: Liputan6 [bim]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini