S-Invest resmi diluncurkan, mudahkan masyarakat miliki reksa dana

Selasa, 30 Agustus 2016 12:42 Reporter : Syifa Hanifah
S-Invest resmi diluncurkan, mudahkan masyarakat miliki reksa dana Bursa Efek Indonesia. ©2013 Merdeka.com/M. Luthfi Rahman

Merdeka.com - PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) hari ini meluncurkan sistem pengelolaan informasi terpadu (S-Invest). S-Invest diharapkan mampu membuat industri reksa dana lebih transparan dan efisien.

Kepala Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Nurhaida, menilai S-Invest merupakan sistem yang paling maju saat ini di ASEAN bahkan Asia. S-Invest nantinya akan menyimpan informasi kepemilikan investasi berdasarkan single investor identification (SID), aktivitas transaksi subscription dan redemption, dan dana yang berada di Bank Kustodian.

"Dalam pengembangannya kita tidak semuanya mencontoh dari Korea, ada fitur-fitur yang kita kembangkan sendiri yang di Korea belum tentu ada seperti investor reksa dana diberikan nomor Single Investor Identification (SID). Di kita sudah ada sedangkan negara ASEAN bahkan Asia belum," tuturnya kata Nurhaida di Main Hall Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (30/8).

Menurutnya, realisasi sistem S-Invest akan banyak manfaatnya dan dapat mengurangi resiko investasi. "Banyak sekali penyederhanaan. Katakanlah kalau dulu saling silang seperti mi bakso. Jadi dengan ini akan berdampak pada sistem yang terintegrasi pada reksa dana tersebut. Ini jauh lebih sederhana dan lebih tertata rapi sehingga memudahkan transaksi reksa dana," ungkapnya.

Nurhaida mengungkapkan pengembangan sistem ini sudah berlangsung selama dua tahun. Maka dari itu, penerapannya pada tahun ini dirasa tepat karena bertepatan dengan pelaksanaan Tax Amnesty atau pengampunan pajak.

"Dengan adanya S-Invest ini produknya bisa lebih mudah dipantau," tutupnya. [bim]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini