Rupiah Terus Menguat Sentuh Rp13.675 per USD, Ini Kata BI

Senin, 13 Januari 2020 13:06 Reporter : Merdeka
Rupiah Terus Menguat Sentuh Rp13.675 per USD, Ini Kata BI Deputi Gubernur Bank Indonesia Dody Budi Waluyo. ©2018 Merdeka.com/Yayu

Merdeka.com - Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo mengatakan, pihaknya akan mempertahankan penguatan nilai tukar (kurs) saat ini. Menurutnya, pihaknya tidak perlu melakukan intervensi selama pergerakan rupiah masih sesuai fundamental.

"Kita tetap melihat rupiah itu sesuai dengan kekuatan pasar. Artinya masih sepanjang sesuai fundamental, kita tidak akan mengintervensi," ujar Dody di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Senin (13/1).

Dia menambahkan, penguatan rupiah didukung oleh beberapa indikator yang membaik, seperti kondisi makro yang cukup positif, angka Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia, hingga angka inflasi.

"Ditambah lagi tentunya cadangan devisa yang menguat. Ini faktor yang membuat rupiah cukup confidence. Kami pun cukup confidence terhadap perkembangan rupiah," tegas dia.

"Kita punya perhitungan, tentunya sepanjang ini sesuai nilai fundamental kita tetap membiarkan rupiah ini menguat," tukas Dody.

1 dari 1 halaman

Rupiah Sentuh Rp 13.675 per USD

Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat di perdagangan hari ini, Senin (13/1). Rupiah dibuka di level Rp13.743 per USD, atau menguat tipis dibanding penutupan sebelumnya di Rp13.771 per USD.

Mengutip data Bloomberg, Rupiah masih terus bergerak menguat usai pembukaan ke level Rp13.710. Lalu sempat stagnan, namun kembali menguat dan saat ini rupiah berada di Rp13.675 per USD.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]

Baca juga:
Bos BI soal Rupiah Menguat ke Rp13.772 per USD: Bukti Ekonomi Indonesia Membaik
Rupiah Menguat Dipicu Meredanya Perang Amerika Serikat dan Iran
Ketegangan Konflik Iran-AS Menurun, Rupiah Menguat ke Level Rp13.851 per USD
Perang Iran-AS, Ini Dampak Negatifnya ke Indonesia
Rupiah Melemah ke Level Rp13.936 per USD Seiring Memanasnya Konflik Iran-AS
Ada Konflik Iran-AS, Bagaimana Dampaknya ke Ekonomi Indonesia?

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini