Rupiah Perkasa ke Level Rp14.065 Dipengaruhi Pasar Menyambut Kemenangan Joe Biden

Senin, 9 November 2020 18:22 Reporter : Idris Rusadi Putra
Rupiah Perkasa ke Level Rp14.065 Dipengaruhi Pasar Menyambut Kemenangan Joe Biden Rupiah. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Nilai tukar atau kurs Rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta ditutup positif seiring penguatan mayoritas mata uang kawasan Asia.

Rupiah ditutup menguat 145 poin atau 1,02 persen ke posisi Rp14.065 per USD dibandingkan posisi penutupan hari sebelumnya Rp14.210 per USD.

"Dari eksternal, penguatan Rupiah dipengaruhi oleh pasar yang menyambut pemilihan Joe Biden sebagai presiden AS," kata Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi di Jakarta, Senin (9/11)

Pelaku pasar berekspektasi bahwa Gedung Putih yang lebih tenang dapat meningkatkan perdagangan dunia dan kebijakan moneter akan tetap mudah.

Biden dan timnya dilaporkan sedang mengerjakan paket bantuan Covid-19 untuk membantu mengatasi pandemi yang masih merebak di Amerika Serikat.

AS menjadi negara pertama yang mencatat lebih dari 10 juta kasus, dengan rata-rata mingguan saat ini lebih dari 100.000 kasus baru per hari.

Lebih dari 237.000 orang telah meninggal karena penyakit tersebut di AS, dengan satu dari 11 kematian global terjadi di negara tersebut. Jumlah kasus global sendiri telah melebihi 50 juta pada 9 November, menurut data Universitas Johns Hopkins.

Baca Selanjutnya: Pengaruh Domestik...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini