Rupiah Melemah Dipengaruhi Pasar Waspadai Aksi Demo UU Cipta Kerja

Selasa, 13 Oktober 2020 10:14 Reporter : Siti Nur Azzura
Rupiah Melemah Dipengaruhi Pasar Waspadai Aksi Demo UU Cipta Kerja Rupiah. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah di perdagangan hari ini, Selasa (13/10). Rupiah dibuka di Rp 14.695 per USD atau menguat tipis dibanding penutupan di perdagangan kemarin di Rp 14.700 per USD.

Mengutip data Bloomberg, Rupiah langsung bergerak melemah ke Rp 14.720 per USD. Sempat stagnan, Rupiah kembali melemah ke Rp 14.747 per USD. Saat ini, Rupiah menguat tipis di Rp 14.745 per USD.

Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra mengatakan nilai tukar Rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta bergerak melemah seiring pelaku pasar yang mewaspadai aksi demo atas UU Cipta Kerja.

"Rupiah akan mendapatkan "market mover" dari peristiwa dalam negeri hari ini. Pelaku pasar akan mewaspadai aksi demo yang terjadi hari ini," kata Ariston di Jakarta, dikutip Antara, Selasa (13/10).

Menurutnya, demo yang terkendali bisa menopang rupiah dan sebaliknya demo yang kisruh dapat menjadi sentimen negatif. Dia memperkirakan hari ini rupiah bergerak melemah di kisaran Rp14.650 per USD hingga Rp14.800 per USD.

"Sementara dari eksternal, ketidakpastian stimulus fiskal AS bisa memberikan tekanan ke nilai tukar emerging markets yang notabene aset berisiko terhadap dolar AS hari ini," tandasnya.

Baca Selanjutnya: Rekayasa Lalu Lintas...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini