Rupiah Melemah Akibat Tak Jelasnya Penyelesaian Perang Dagang AS-China

Rabu, 20 November 2019 17:23 Reporter : Idris Rusadi Putra
Rupiah Melemah Akibat Tak Jelasnya Penyelesaian Perang Dagang AS-China dolar AS. ©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Nilai tukar (kurs) Rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu sore melemah tipis seiring ketidakjelasan kesepakatan perang dagang antara Amerika Serikat dan China.

Rupiah ditutup melemah 4 poin atau 0,03 persen ke level Rp14.095 per USD dibanding posisi sebelumnya Rp14.091 per USD.

"Harapan untuk kemajuan perdagangan hancur semalam oleh peringatan lain dari Presiden AS Donald Trump, yang mengatakan bahwa ia mungkin akan menaikkan tarif lebih jauh jika pembicaraan gagal," kata direktur PT Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi di Jakarta, Rabu (20/11).

Ketegangan antara AS dan China meningkat lebih jauh setelah Senat AS mengeluarkan dua RUU terkait Hong Kong yang mendukung para pemrotes di kota itu.

Juru bicara kementerian luar negeri China menyebut keputusan itu sebagai campur tangan terang-terangan dalam urusan dalam negeri China, dan mengatakan AS menghadapi "konsekuensi negatif" jika itu tetap ada.

1 dari 1 halaman

Rupiah Pagi Tadi

Rupiah pada pagi hari dibuka menguat Rp14.085 per USD. Sepanjang hari, Rupiah bergerak di kisaran Rp14.085 per USD hingga Rp14.091 per USD.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada Rabu ini menunjukkan, Rupiah melemah menjadi Rp14.097 per USD dibanding hari sebelumnya di posisi Rp14.091 per USD. [idr]

Baca juga:
Besok, Rupiah Diprediksi Kembali Tertekan ke Level Rp14.062 per USD
Rupiah Melemah ke Level Rp14.091 Dipicu Perang Dagang AS-China
Rupiah Melemah ke Level Rp14.078 per USD Dipicu Sentimen Domestik
Nilai Tukar Rupiah Bergerak Stabil di Level Rp14.000 per USD
Nilai Tukar Rupiah Kembali Terkapar Dipicu Pernyataan Donald Trump Sudutkan China
Sentimen Ahok Masuk BUMN Bantu Rupiah Tak Melemah Tajam

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini