Rupiah Ditutup Perkasa ke Level Rp14.396 per USD

Selasa, 23 Maret 2021 15:46 Reporter : Anggun P. Situmorang
Rupiah Ditutup Perkasa ke Level Rp14.396 per USD Rupiah. ©2018 Merdeka.com/Azzura Zurae

Merdeka.com - Rupiah ditutup menguat 10 poin terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) ke level Rp14.396 per USD dari penutupan sebelumnya di level Rp14. 407 per USD. Sedangkan untuk perdagangan besok, mata uang Rupiah kemungkinan dibuka berfluktuasi namun ditutup menguat di rentang Rp14.370 per USD.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, pemerintah mengklaim Indonesia relatif mampu menjaga kinerja ekonomi di tengah ancaman pandemi Virus Corona (Covid-19). Ini terlihat dari peringkat utang (rating) Indonesia yang tetap bertahan, tidak ada pemangkasan.

"Lembaga pemeringkat (rating agency) Moody's menaikkan peringkat surat utang Indonesia dari Baa3 ke Baa2. Namun, Moody's tetap memberi catatan seputar risiko yang bisa menghampiri Indonesia," ujar Ibrahim dalam riset harian, Jakarta, Selasa (23/3).

Dengan proyeksi (outlook) stabil sebenarnya kecil kemungkinan untuk penurunan rating. Apalagi dengan penerimaan negara yang terus meningkat, pemerintah akan semakin mampu membiayai pembangunan infrastruktur, perlindungan sosial, dan belanja lainnya.

"Bahkan jika pemerintah mampu mewujudkan hal tersebut, bukan tidak mungkin Moody's akan kembali memberikan kenaikan rating," jelas Ibrahim.

Namun. Moody's menggarisbawahi bahwa Indonesia perlu mewaspadai beberapa risiko jika tidak ingin mengalami penurunan rating. Pertama adalah jika Indonesia mengalami kemunduran dalam perbaikan kerangka kebijakan dan kelembagaan. Kedua adalah apabila pemerintah tidak mampu meningkatkan penerimaan negara secara signifikan.

Baca Selanjutnya: Potensi Perluasan Penerimaan Negara...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini