Rupiah Ditutup Menguat Usai Pemerintah Tempatkan Dana Rp11,5 di BPD

Senin, 27 Juli 2020 16:17 Reporter : Anggun P. Situmorang
Rupiah Ditutup Menguat Usai Pemerintah Tempatkan Dana Rp11,5 di BPD Rupiah. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) ditutup menguat 75 poin dilevel Rp14.535 dari penutupan sebelumnya. Penguatan tersebut dipicu sentimen positif pasar melihat upaya pemerintah meredam dampak Virus Corona.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim mengatakan, penguatan salah satunya dipicu oleh kebijakan pemerintah pusat yang secara resmi telah menyiapkan dana Rp11,5 triliun kepada lima Bank Pembangunan Daerah (BPD).

"Adapun lima BPD tersebut yakni Bank DKI Jakarta, Bank Jawa Jawa Tengah, Bank Jabar dan Banten, dan Bank Jawa Timur dan Bank Sulawesi Utara dan Gorontalo," ujar Ibrahim di Jakarta, Senin (27/7).

Penempatan dana di BPD ini merupakan kelanjutan pemerintah pusat setelah sebelumnya telah menempatkan dana pada 4 Bank Himbara (BNI, Mandiri, BRI, dan BTN) sebesar Rp30 triliun, sesuai dengan PMK 70 Tahun 2020.

"Penempatan dana di BPD merupakan wujud komitmen pemerintah pusat untuk mendorong pemulihan kondisi ekonomi yang terdampak Covid-19," kata Ibrahim.

1 dari 1 halaman

Upaya Vaksin

Dengan bertambahnya kasus positif pandemi Virus Corona, pemerintah terus berupaya mendapatkan vaksin penawar corona dan kandidat vaksin corona dari China telah tiba di Indonesia dan sedang dalam uji klinis tahap ketiga oleh Bio Farma.

"Jika berjalan sesuai ekspektasi, PT Bio Farma akan memproduksi vaksin tersebut dengan kapasitas sebanyak 100 juta dosis per tahun," kata Ibrahim.

Di samping fokus ke vaksin, pemerintah kembali menggelontorkan stimulus sebanyak mungkin sampai akhir tahun 2020 dan diharapkan daya beli masyarakat akan tetap berjalan serta konsumsi masyarakat akan tetap terjaga. Sehingga perekonomian kembali berjalan dan stabilitas ekonomi paska pandemi Virus Corona kembali stabil.

[idr]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini