Rupiah Ditutup Melemah ke Level Rp14.587 per USD

Rabu, 15 Juli 2020 16:52 Reporter : Anggun P. Situmorang
Rupiah Ditutup Melemah ke Level Rp14.587 per USD Rupiah. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) tercatat melemah pada penutupan perdagangan hari ini. Rupiah tercatat melemah sebesar 137 poin di level Rp14.587 per USD dari penutupan sebelumnya di level Rp14.450 per USD.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi mengatakan, pelemahan mata uang Garuda dipengaruhi oleh kabar yang menarik dari benua Eropa terkait uji coba vaksin Virus Corona.

"Firma bioteknologi Moderna pada Selasa menyatakan bahwa vaksin yang mereka kembangkan berhasil memproduksi respons kekebalan yang kuat atau antibodi penetral di tubuh 45 pasien yang menjalani uji coba tahap dini," ujarnya melalui riset harian, Jakarta, Rabu (15/7).

Temuan tersebut menyediakan data yang lebih menjanjikan mengenai efektivitas vaksin tersebut memberikan perlindungan melawan virus corona. Dari perkembangan pandemi Virus Corona, WHO melaporkan jumlah pasien positif Corona per 14 Juli 2020 adalah 12.964.809 orang.

Kasus baru di beberapa negara bagian AS yang menjadi titik baru penyebaran, tercatat meningkat terutama di Texas, California dan Florida, sehingga beberapa pemerintah daerah mengkaji ulang rencana pembukaan kembali perekonomian.

1 dari 1 halaman

Internal

Berbanding terbalik dengan eksternal, faktor internal juga berpengaruh dalam mempertahankan Rupiah tak jatuh terlalu dalam. Salah satunya rilis Badan Pusat Statistik (BPS) terkait data perdagangan internasional periode Juni 2020 menunjukkan surplus USD 1,27 miliar, dengan nilai ekspor USD 12,03 miliar.

"Ini lebih baik dibandingkan ekspektasi para analis yaitu ekspor diperkirakan akan terkontraksi minus 7,765 persen year-on-year (YoY). Sementara impor terkontraksi minus 16,455 persen YoY dan neraca perdagangan surplus USD 1,1 miliar," paparnya. [idr]

Baca juga:
Nilai Tukar Rupiah Berpeluang Menguat Seiring Perkembangan Positif Vaksin Covid-19
Rupiah Ditutup Melemah Imbas Kontraksi Ekonomi Singapura
Rupiah Berpotensi Melemah Seiring Masih Tingginya Kasus Positif Covid-19
Nilai Tukar Rupiah Ditutup Menguat Tipis ke Level Rp14.425 per USD
Nilai Tukar Rupiah Berpotensi Melemah karena Kekhawatiran Peningkatan Kasus Covid-19
Rupiah Menguat ke Rp14.370/USD Dipicu Sentimen Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini