Rupiah Dibuka Menguat ke Level Rp14.098 per USD Jelang Vaksinasi Presiden Jokowi

Rabu, 13 Januari 2021 09:32 Reporter : Anggun P. Situmorang
Rupiah Dibuka Menguat ke Level Rp14.098 per USD Jelang Vaksinasi Presiden Jokowi Rupiah. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Nilai tukar atau kurs Rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu (13/1), tercatat menguat 32 poin atau 0,23 persen ke posisi Rp14.098 per USD. Pada posisi penutupan perdagangan sebelumnya, mata Uang Garuda berada pada level Rp14.130 per USD.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan, penguatan Rupiah salah satunya dipicu oleh kabar proses vaksinasi yang akan dilakukan hari ini. Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjadi orang pertama yang disuntik vaksin.

"Selain itu pengetatan PSBB Jawa–Bali sudah diterapkan, mal, cafe dan lainnya jam buka sudah dibatasi dan ini dilakukan guna untuk mencegah Covid-19 di awal tahun yang terus meningkat sehingga apa yang dilakukan oleh Pemerintah sudah sesuai dengan regulasi negara-negara di dunia yang juga melakukan hal yang sama," ujarnya.

Sementara itu, faktor eksternal turut mewarnai pergerakan mata uang hari ini. Korban Covid-19 terus meningkat dan telah melampaui 90,87 juta pada 12 Januari, menurut data Universitas Johns Hopkins. Meningkatnya angka tersebut telah mendorong beberapa negara, termasuk China, untuk memperpanjang atau memperkenalkan kembali tindakan penguncian.

Dari kasus global, lebih dari 22,6 juta kasus berada di AS, dengan lebih dari 22.000 nyawa orang hilang karena virus selama minggu sebelumnya. AS melanjutkan peluncuran vaksin Covid-19, dengan hampir 9 juta orang Amerika diinokulasi dengan dosis vaksinasi pertama mereka. [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini