Rupiah Berpotensi Kembali Merosot Dipicu Penerapan PSBB Jakarta

Jumat, 11 September 2020 10:03 Reporter : Idris Rusadi Putra
Rupiah Berpotensi Kembali Merosot Dipicu Penerapan PSBB Jakarta Rupiah. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Nilai tukar Rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta berpotensi kembali terkoreksi atau melemah dipicu kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang akan diberlakukan kembali oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada Senin (14/9) mendatang.

Hari ini, Jumat (11/9) pada pukul 9.44 WIB, Rupiah dibuka melemah 63 poin atau 0,42 persen menjadi Rp14.918 per USD dari sebelumnya Rp14.855 per USD.

"Rupiah mungkin masih mendapatkan tekanan hari ini dengan isu PSBB Jakarta yang berpotensi melambatkan pertumbuhan ekonomi secara nasional," kata Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra di Jakarta, Jumat.

Selain itu, sentimen negatif yang membayangi pergerakan aset berisiko dengan kejatuhan Wall Street semalam juga berpotensi memberi tekanan ke rupiah.

Bursa saham AS pada Kamis (10/8) kemarin, kembali ditutup melemah dengan S&P 500 turun 1,76 persen, Dow Jones turun 1,45 persen dan Nasdaq turun 1,99 persen. "Perseteruan AS dan China yang memanas juga memberikan tekanan tambahan untuk rupiah," ujar Ariston.

Baca Selanjutnya: Pelemahan Sementara...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini