Rupiah Berpotensi Ditutup Menguat di Akhir Tahun 2020

Rabu, 30 Desember 2020 10:42 Reporter : Siti Nur Azzura
Rupiah Berpotensi Ditutup Menguat di Akhir Tahun 2020 Rupiah. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat di perdagangan hari ini, Rabu (30/12). Rupiah dibuka di Rp 14.115 per USD, menguat dibandingkan penutupan di perdagangan kemarin di Rp 14.130 per USD.

Mengutip data Bloomberg, Rupiah terus menunjukkan penguatan usai pembukaan. Saat ini, Rupiah menguat dan bergerak stagnan di Rp 14.083 per USD.

Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra mengatakan, nilai tukar Rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada perdagangan akhir tahun berpotensi ditutup menguat didukung sentimen positif global.

"Nilai tukar rupiah kemungkinan masih bisa menguat di akhir tahun ini, masih karena sentimen positif dari eksternal yaitu rilis stimulus fiskal AS dan prospeknya serta optimisme kesepakatan Brexit," kata Ariston di Jakarta, dikutip Antara, Rabu (30/12).

Dia menjelaskan, indeks dolar AS pagi ini juga terlihat melemah dan kembali masuk ke kisaran 89. Menurutnya, pasar masih berekspektasi bahwa AS akan merilis stimulus fiskal lagi tahun depan untuk mendorong pemulihan ekonomi AS yang masih tertekan karena pandemi.

Dia memperkirakan pada hari ini rupiah bergerak di kisaran Rp14.080 per USD hingga Rp14.120 per USD.

"Meskipun vaksin sudah mulai disuntikkan, tapi distribusinya belum merata dan meluas sehingga kasus penularan virus masih tinggi di AS. Jadi selama pandemi belum berakhir, pemerintah bakal mendorong program-program stimulus," imbuhnya. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini