Rupiah Bergerak Menguat Jelang Pengumuman Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III

Kamis, 5 November 2020 11:09 Reporter : Siti Nur Azzura
Rupiah Bergerak Menguat Jelang Pengumuman Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III Rupiah. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak stagnan di perdagangan hari ini, Kamis (5/11). Rupiah dibuka di Rp14.380 per USD atau menguat dibanding penutupan perdagangan sebelumnya di Rp14.565 per USD.

Mengutip data Bloomberg, Rupiah sempat melemah ke Rp14.427 per USD. Kemudian, menguat tipis ke Rp14.418, dan saat ini kembali melemah ke Rp14.422 per USD.

Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra mengatakan, nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta bergerak positif jelang pengumuman Produk Domestik Bruto (PDB) kuartal III 2020 oleh Badan Pusat Statistik siang nanti.

"Data ekonomi PDB kuartal III bisa menggerakkan rupiah hari ini selain sentimen eksternal pemilu AS," kata Ariston di Jakarta, dikutip Antara, Kamis (5/11).

Pertumbuhan ekonomi diprediksi analis minus 3 persen secara tahunan (yoy) tapi naik 5,34 persen secara kuartalan (qoq), artinya ada pemulihan meski masih minus secara tahunan. "Hasil ini mungkin sudah diproyeksikan pasar yaitu ada pemulihan di kuartal III karena PSBB sudah diperlonggar dan stimulus sudah jalan. Ini positif untuk rupiah," ujarnya.

Baca Selanjutnya: Waspadai Pilpres AS...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini