Rupiah Bergerak Melemah Sentuh Level Rp13.655 per USD

Kamis, 30 Januari 2020 10:49 Reporter : Siti Nur Azzura
Rupiah Bergerak Melemah Sentuh Level Rp13.655 per USD Rupiah. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Nilai tukar (kurs) Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah di perdagangan hari ini, Kamis (30/1). Rupiah dibuka di Rp13.635 per USD, atau stagnan dibanding penutupan sebelumnya di Rp13.634 per USD.

Mengutip data Bloomberg, Rupiah masih stabil usai pembukaan, namun kemudian bergerak melemah. Meski sempat fluktuatif, Rupiah tetap menunjukkan tren pelemahan hingga sentuh Rp13.655 per USD. Saat ini, Rupiah berada di Rp13.654 per USD.

Meski demikian, Rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta hari ini diprediksi menguat usai bank sentral AS The Federal Reserve (The Fed) menahan suku bunga acuan.

"Sikap bank sentral AS yang masih mempertahankan kebijakan longgar akan membantu penguatan rupiah terhadap dolar hari ini," kata Kepala Riset Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra di Jakarta, dikutip Antara.

1 dari 1 halaman

Pertahankan Suku Bunga

The Fed memutuskan mempertahankan suku bunga acuannya, dan melakukan sikap menunggu dan melihat setelah menyelesaikan pertemuan kebijakan moneter pertamanya pada 2020.

"Komite menilai bahwa sikap kebijakan moneter saat ini sesuai untuk mendukung ekspansi berkelanjutan kegiatan ekonomi, kondisi pasar tenaga kerja yang kuat, dan inflasi yang kembali ke tujuan simetris Komite dua persen," kata The Fed dalam sebuah pernyataan setelah pertemuan, merujuk pada komite pembuat kebijakan bank sentral, dikutip Antara, Kamis (30/1).

The Fed mencatat bahwa kegiatan ekonomi AS telah meningkat pada tingkat moderat sejak pertemuan terakhir pada Desember dengan pengeluaran rumah tangga meningkat pada kecepatan sedang, sementara investasi tetap bisnis dan ekspor tetap lemah.

"Komite akan terus memantau implikasi informasi yang masuk untuk prospek ekonomi, termasuk perkembangan global dan tekanan inflasi yang diredam, ketika bank menilai jalur yang tepat dari kisaran target suku bunga dana federal," kata The Fed. [azz]

Baca juga:
Rupiah Dibuka Menguat ke Level Rp13.624 per USD
Rupiah Melemah Dipicu Kekhawatiran Pengeluaran Wisatawan Terpukul Akibat Virus Corona
Nilai Tukar Rupiah Menguat Tipis ke Level Rp13.636 per USD
Nilai Tukar Rupiah Menguat ke Level Rp13.614 per USD
Penguatan Rupiah Terhadap USD Sejalan dengan Fundamental Ekonomi
Jokowi Sebut Penguatan Rupiah Bikin Eksportir Terancam, Ini Tanggapan BI

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini