Rudiantara: Industri Jasa Keuangan akan Berubah Drastis dalam 5 Tahun ke Depan

Selasa, 29 Desember 2020 16:34 Reporter : Anisyah Al Faqir
Rudiantara: Industri Jasa Keuangan akan Berubah Drastis dalam 5 Tahun ke Depan Rudiantara. ©2015 merdeka.com/fikri faqih

Merdeka.com - Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara menyebut bahwa 5 tahun ke depan, wajah industri jasa keuangan Indonesia akan berubah drastis. Hal ini dipicu target inklusi keuangan di tahun 2024 yang harus mencapai 90 persen, dari yang saat ini berada di angka 76,19 persen.

"Dalam 5 tahun ke depan landscape dari jasa keuangan kita akan berubah drastis," kata Rudiantara dalam Press Briefing Indonesia Fintech Society (IFSoc): Outlook Fintech 2021, Jakarta, Selasa (29/12).

Rudiantara menjelaskan, tahun 2024 diharapkan inklusi keuangan di tanah air telah mencapai 90 persen. Artinya, 90 persen orang dewasa yang ada di Indonesia telah terhubung dengan sistem keuangan baik itu untuk tabungan, investasi, pembiayaan dan sebagainya.

Demi mencapai tujuan tersebut, Rudiantara menilai perlu ada langkah bersama yang dilakukan. Semua pihak harus ikut berkontribusi. Tak terkecuali para regulator.

Para regulator disarankan untuk tidak hanya membuat regulasi dan melakukan pengawasan. Sebaliknya, harus ikut serta dalam mencapai tujuan dan memainkan perannya sebagai fasilitator.

"Tidak bisa regulator yang hanya meregulasi saja, tapi harus memfasilitasi agar tujuannya tercapai," kata dia.

Termasuk terlibat dalam akselerasi inklusi keuangan. Mulai dari literasi, pendidikan, edukasi pelanggan sampai dengan perlindungan konsumen. Sebab wajah baru industri jasa keuangan bakal berubah dengan cepat dan drastis.

"Siap-siap kita akan memasuki landscape yang bukan berubah cepat, tapi berubah drastis," kata dia mengakhiri. [idr]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Rudiantara
  3. Inklusi Keuangan
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini