Ruas Tol Bakauheni-Palembang Bisa Dilalui Saat Lebaran 2019

Selasa, 19 Februari 2019 14:54 Reporter : Merdeka
Ruas Tol Bakauheni-Palembang Bisa Dilalui Saat Lebaran 2019 Tol Trans Sumatera. Istimewa ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Direktur Utama PT Hutama Karya Bintang Perbowo menyampaikan, ruas tol Bakauheni-Palembang dapat dilalui lebaran tahun 2019 ini. Nantinya, tol ini mampu memangkas perjalanan dari 12 jam menjadi 5 jam, sehingga memudahkan aktivitas perusahaan logistik.

"Tol Trans Sumatera jalur Bakauheni-Palembang InsyaAllah rampung tahun ini, bisa dilalui lebaran tahun ini. Yang tadinya 12 jam, jadi 5 jam saja, sangat singkat," paparnya dalam seminar BUMN sektor infrastruktur di Graha CIMB Niaga, Jakarta, Selasa (19/2).

Tol Trans Sumatera, yang memiliki panjang sekitar 2.700 kilometer membutuhkan investasi yang besar, yaitu sekitar Rp 250 triliun. Bintang juga menyampaikan ada beberapa ruas tol yang sudah beroperasi.

"Ruas yang sudah dibangun dan beroperasi yaitu Medan-Binjai 17 km, tapi masih ada yang belum rampung. Palembang-Indralaya 22 km sudah, kemudian Bakauheni-Terbanggi Besar 140 km juga sudah, tapi belum berbayar," ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk I Gusti Ngurah Putra menargetkan dua ruas tol yang tengah digarapnya bisa digunakan saat Lebaran 2019. Salah satunya Terbangi Besar hingga Palembang yang diharapkan bisa selesai Juni 2019.

"2019 itu satu target nasional paket Hutama Karya dari Terbangi Besar sampai ke Palembang sepanjang 185 km diminta selesai juni. Tetapi pemerintah mengkehendaki tol akan dipakai masyarakat saat Lebaran. Kalaupun enggak 100 persen, kami akan coba fungsional. Mungkin akan jauh lebih bagus kondisinya dari Trans Jawa," ujar dia di Jakarta, Jumat (4/1).

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6.com [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini