Rontoknya bisnis perusahaan mobil asal Amerika di Indonesia

Selasa, 26 Januari 2016 06:07 Reporter : Idris Rusadi Putra
Rontoknya bisnis perusahaan mobil asal Amerika di Indonesia Ford. Therichest.com

Merdeka.com - Pelemahan ekonomi global dan dalam negeri berdampak langsung pada penjualan mobil di Indonesia. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, penjualan wholesale mobil hingga Oktober 2015 hanya 853.292 unit. Angka ini turun dibanding periode sama tahun lalu yaitu mencapai 1.037.890 unit.

Penjualan mobil di Tanah Air diprediksi belum akan meningkat pada semester 1-2016 ini. Direktur Jenderal ‎Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (Ilmate) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) I Gusti Putu Suryawirawan memperkirakan, penjualan industri otomotif di semester I-2016 masih stagnan jika dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Tak bergairahnya penjualan mobil dalam negeri membuat beberapa produsen kesulitan, terutama asal Amerika Serikat. Mobil asal Negeri Paman Sam ini tidak bisa bersaing mengalahkan mobil asal Jepang. Salah satu mobil merek Amerika Serikat, Ford memutuskan untuk hengkang dari Indonesia.

Ford Motor Indonesia menyatakan akan menutup operasionalnya di Indonesia. Penutupan bisnis Ford rencananya akan dilakukan pada semester kedua tahun ini.

"Hal ini termasuk menutup dealership Ford dan menghentikan penjualan dan impor resmi semua kendaraan Ford," ujar Managing Director Ford Motor Indonesia, Bagus Susanto, dalam keterangan tertulis seperti dikutip dari laman resminya, Jakarta, Senin (25/1).

Bagus mengatakan konsumen Ford di Indonesia diminta tidak khawatir mengenai layanan purnajual seperti perawatan dan garansi. "Kami akan menghubungi Anda lagi sebelum proses pergantian untuk memberitahukan mengenai pengaturan yang baru," tuturnya.

Ford tak hanya tutup di Indonesia. [idr] SELANJUTNYA

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini