Rombak pejabat Kementerian BUMN, Rini berhentikan deputi usaha agro

Kamis, 12 November 2015 14:41 Reporter : Idris Rusadi Putra
Rombak pejabat Kementerian BUMN, Rini berhentikan deputi usaha agro Menteri BUMN Rini Soemarno. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri BUMN, Rini Soemarno memberhentikan Deputi Bidang Usaha Agro dan Farmasi Muhamad Zamkhani dari jabatannya. Selanjutnya, Zamkani akan ditugaskan direktur PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

"Ya ada penugasan baru. Kami melihat deputi-deputi BUMN perlu pengalaman korporasi. Pak Zam ditugasi di Jiwasraya," kata Rini, di Kantor Kementerian BUMN seperti dilansir Antara, Jakarta, Kamis (12/11).

Menurut Rini, pergantian deputi di Kementerian BUMN merupakan bagian dari penyegaran, jadi jika ada perombakan itu hal yang biasa. Langkah menempatkan deputi di BUMN bagian dari program "pool of talent", sehingga diperoleh personel-personel yang memiliki kualifikasi tinggi untuk ditempatkan di BUMN-BUMN.

"Itu yang sebelumnya belum pernah terjadi. Kami dorong supaya para deputi berpengalaman di korporasi," ujarnya.

Dengan pengalaman mengawasi dan membina BUMN, deputi bisa secara langsung berhadapan tidak hanya komisaris tetapi juga hingga divisi. "Kami juga mencoba membuat sistem tracking sumber daya manusia di Kementerian BUMN supaya bisa ditempatkan secara bergiliran di BUMN-BUMN," ujarnya.

Menurut catatan, surat keputusan penempatan Zamkhani menjadi direktur Jiwasraya diserahkan langsung oleh Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan, Gatot Trihargo di Kantor Kementerian BUMN.

Untuk sementara posisi deputi yang ditinggalkan Zamkhani dirangkap oleh Edwin Hidayat yang saat ini menjabat Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata.

Menurut sumber di Kementerian BUMN, Rini Soemarno, juga menempatkan Dwijanti Tjahjaningsih menjadi direktur di PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI).

Dwijanti sebelumnya di Kementerian BUMN menjabat Staf Ahli Bidang Tata Kelola, Sinergi dan Investasi. [idr]

Topik berita Terkait:
  1. BUMN
  2. Menteri BUMN
  3. Rini Soemarno
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini