Ridwan Kamil siap jadi marketing BUMN Jawa Barat

Rabu, 31 Oktober 2018 15:15 Reporter : Siti Nur Azzura
Ridwan Kamil siap jadi marketing BUMN Jawa Barat ridwan kamil. ©2017 Merdeka.com/dian rosadi

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan siap menjadi marketing andal bagi badan usaha milik negara (BUMN) strategis yang ada di Jawa Barat seperti PT Len dan PT Pindad.

"Saya komit jadi marketing untuk produk BUMN yang strategis karena marketing yang andal itu adalah seorang pemimpin di wilayah, menurut pandangan saya," kata Ridwan saat memberikan sambutan pada acara Excelen: Inovasi untuk Negeri di Kantor Pusat PT Len di Kota Bandung, dikutip Antara, Rabu (31/10).

Dia menjelaskan, alasannya menawarkan diri menjadi marketing untuk produk unggulan BUMN di Jawa Barat karena selama ini dirinya sering bepergian ke luar negeri dan sering kedatangan tamu dari berbagai negara. Sehingga, dia bisa mempromosikan produk-produk unggulan BUMN yang ada di Jawa Barat.

Pada kesempatan tersebut, orang nomor satu di Provinsi Jawa Barat ini meminta izin kepada Menteri BUMN Rini Soemarno agar diperbolehkan memposting problem statment ke BUMN. Sebagai contohnya, kata dia, terkait Sungai Citarum yang kotor karena sampah maka PT Len bisa membuat perahu pengangkut sampah di sungai terpanjang di Jawa Barat.

Kemudian, banyak petani yang masih menggunakan cara tradisional ketika memanen padi yakni memakai tangan. "Nah itu kan BUMN bisa membuat alatnya untuk petani yang panen seperti di India. Kalau itu ada saya akan beli alat tersebut dan saya bagikan ke petani di Jawa Barat,"jelasnya.

Mendengar permintaan Ridwan Kamil, Menteri BUMN Rini Soemarno pun menyambut baik. Dia siap menagih orderan-orderan terkait produk BUMN jika Gubernur Emil jadi marketing BUMN. "Oh sangat semangat saya, saya terima kasih betul, yang paling utama Pak Emil tadi mengatakan kita harus membuat Forum BUMN dengan Pemprov Jawa Barat, saya rasa sangat baik," kata Rini.

Rini mengatakan, jika BUMN di Jawa Barat bisa terus menciptakan produk-produk unggulan maka hal tersebut akan berdampak positif untuk semua pihak, termasuk masyarakat Jawa Barat. Menurut dia, banyak BUMN yang berkantor pusat di Bandung dan BUMN terus didorong untuk menciptakan produk-produk komersial yang bisa digunakan untuk masyarakat, sekaligus menjawab kebutuhan Ridwan Kamil dalam menyelesaikan persoalan di Jawa Barat.

"Kita harapkan industrinya semakin berkembang sehingga kita bisa menyerap tenaga kerja makin banyak untuk masyarakat Jawa Barat dan saat yang sama Pak Emil jadi ambasador kita di luar negeri atau provinsi lain, memasarkan karena beliau sudah memakai produk BUMN ini, tentunya ini sangat bermanfaat sekali ya," tandasnya. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini