RI Punya Kekayaan Laut Melimpah, Startup Perikanan Berpotensi Jadi Unicorn Baru

Senin, 8 April 2019 14:14 Reporter : Merdeka
RI Punya Kekayaan Laut Melimpah, Startup Perikanan Berpotensi Jadi Unicorn Baru Luhut Binsar Panjaitan. ©Humas Kemenko Maritim

Merdeka.com - Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan berharap aplikasi digital (startup) Indonesia di sektor perikanan bisa terus berkembang dan menembus level unicorn. Hal ini didukung oleh kekayaan alam laut Indonesia yang besar.

Menko Luhut mengatakan, saat ini telah ada sejumlah startup perikanan buatan anak bangsa seperti Aruna dan FishOn. Kedua startup ini diharapkan bisa terus berkembang dan berkontribusi bagi kemajuan sektor perikanan Indonesia.

"Sebenarnya sudah ada ‎startup Aruna. Nah ini nanti dibuat lagi satu model, kita akan satu bikin model nanti akan akan jalan, kita akan pindahkan ke tempat lain. Kita harapkan CSR BUMN bisa berpartisipasi karena ini kan menyentuh ekonomi nelayan di bawah," ujar dia di The Telkom Hub, Telkom Landmark Tower, Jakarta, Senin (8/4).

Menurut dia, Aruna dan FishOn serta startup perikanan punya potensi besar untuk menembus level unicorn. "Ini bisa saja jadi unicorn baru karena kekayaan dari laut kita banyak sekali. Selama ini kita coba. Apakah ini akan berhasil? Kalau dikelola dengan bagus pasti akan berhasil. Aluna contohnya, mereka bisa di 10-12 provinsi di Indonesia timur dan barat dalam masalah ikan," kata dia.

Menko Luhut mengungkapkan, pemerintah juga akan terus berusaha untuk membantu pengembangan aplikasi-aplikasi semacam ini. Salah satunya dengan mempermudah proses perizinan investasi.

‎"Tinggal pemerintah bagaimana, misalnya mereka minta masalah izin. Saya kita tugas kita sebagai pejabat pemerintah untuk memberikan pelayanan dan mempermudah, tidak hanya sekedar melarang saja," tandas Menko Luhut.

Reporter: Septian Deny
Sumber: Liputan6.com [bim]

Baca juga:
BEI Tunggu Restu Pemegang Saham Unicorn untuk Melantai di Bursa
Komunitas Siber Prabowo & Influencer se-Surabaya Diskusi Bahas Kedaulatan Digital
Jokowi Tanya Unicorn, Milenial Jawab 'Yang Online-Online Itu Pak'
Perbanyak Unicorn, Indonesia Butuh 600.000 Tenaga Kerja Melek Digital per Tahun
Jokowi Ciptakan Empat Unicorn Bukti Kebijakan Tepat Pada Industri 4.0
Ma'ruf Amin Harap Warga NU Turut Kembangkan Unicorn

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini