RI Jadi Negara Dengan Reformasi Bisnis Terbanyak di Asia Timur, Kalahkan China

Jumat, 25 Oktober 2019 13:10 Reporter : Merdeka
RI Jadi Negara Dengan Reformasi Bisnis Terbanyak di Asia Timur, Kalahkan China bank dunia. worldbank.org

Merdeka.com - Studi Doing Business 2020 dari Grup Bank Dunia menyebut Indonesia merupakan negara terbanyak dalam melakukan reformasi bisnis di Kawasan Asia Timur setelah China. Negara-negara di Kawasan Asia Timur dan Pasifik setidaknya melakukan 33 reformasi peningkatan iklim usaha selama setahun terakhir.

Tercatat, Indonesia dan Myanmar masing-masing melakukan 5 reformasi bisnis, sebagian besar melibatkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Sebagai contoh, Indonesia memperkenalkan sistem pelaporan dan pembayaran online untuk jenis pajak utama dan sistem elektronik manajemen perkara untuk para hakim.

Selanjutnya, Indonesia juga meningkatkan proses pengurusan dokumen pabean untuk ekspor secara online, mengurangi waktu kepatuhan perbatasan untuk mengekspor sebesar tujuh jam.

"Di kawasan Asia Timur dan Pasifik, Indonesia merupakan kedua tertinggi yang melakukan perbaikan setelah China," ungkap Analis Bank Dunia Maksym Lavorskyi, Jumat (25/10).

China tercatat melakukan delapan reformasi seperti membantu perusahaan kecil dan menengah mengakses pasar internasional dengan menerapkan deklarasi kargo di muka, meningkatkan infrastruktur pelabuhan, mengoptimalkan administrasi bea cukai dan mempublikasikan jadwal biaya.

Selain itu, konstruksi di China juga sekarang lebih aman karena persyaratan yang lebih ketat bagi para profesional yang bertanggungjawab melakukan inspeksi teknis.

Di sisi lain, China juga menyederhanakan persyaratan untuk konstruksi berisiko rendah dan menjadikan proses lebih efisien untuk mendapatkan sambungan air dan drainase, mengurangi waktu tunggu untuk semua izin wajib sebanyak 44 hari.

Reporter: Bawono Yadika

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini