RI Dinilai Masih Tertinggal dari Vietnam dan Thailand Soal Energi Ramah Lingkungan

Jumat, 13 November 2020 12:35 Reporter : Merdeka
RI Dinilai Masih Tertinggal dari Vietnam dan Thailand Soal Energi Ramah Lingkungan PLTS. energytoday.com

Merdeka.com - Pengamat Ekonomi Energi dari Universitas Indonesia Berly Martawardaya menilai, pemerintah belum optimal dalam mewujudkan cita-cita pembangunan ekonomi yang berbaur dengan energi bersih atau ramah lingkungan. Menurutnya, Indonesia saat ini masih banyak mengandalkan produksi batubara yang jadi sumber utama emisi gas rumah kaca atau emisi karbon.

"Proporsi batubara Indonesia itu paling tinggi di antara negara-negara Asean. Padahal yang lain bisa berubah, bisa mengurangi dengan cukup cepat," kata Berly, Jumat (13/11).

Di sisi lain, Indonesia juga masih jauh tertinggal dalam menciptakan sumber listrik energi bersih, seperti pembangkit listrik tenaga Surya (PLTS) ataupun pembangkit listrik tenaga Bayu (PLTB).

Terlebih jika dibandingkan dengan negara tetangga seperti Vietnam dan Thailand, yang menjadi juara di kawasan ASEAN dalam melakukan transformasi bauran energi, termasuk pembangunan PLTS dan PLTB.

Menurutnya, Vietnam menjadi yang terdepan, di mana negara tersebut dalam satu tahun mampu meningkatkan kapasitas sumber energinya hingga 20 kali lipat. Sementara Thailand dalam 2 tahun terakhir bisa terdongkrak 4 kali lipat, dari 500 megawatt (MW) menjadi 2 gigabyte (GB)

"Kita bisa belajar lah, jangan malu buat belajar. Jadi kita tidak usah se-Vietnam, se-Thailand saja sudah lumayan," imbuh Berly.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini