RI bakal punya pabrik pakan ternak alternatif terbesar di dunia

Rabu, 17 Mei 2017 13:11 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
RI bakal punya pabrik pakan ternak alternatif terbesar di dunia Peternak ayam. ©2015 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Indonesia akan memiliki pabrik pakan ternak alternatif terbesar di dunia. Pabrik ini akan dibangun oleh konsorsium asing dari Inggris, Denmark, dan Belgia dengan biaya mencapai USD 500 juta atau setara Rp 6,6 triliun. Pembangunan dilakukan secara bertahap akan bertambah menjadi USD 4 miliar untuk lima tahun ke depan.

Senior Executive VP bidang Produksi PTPN III, Alexander Maha, mengatakan, pabrik ini akan menempati lahan milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III seluas 51 hektar.

"Terbesar di dunia. Karena ini teknologinya dan inovasinya baru. Mereka tahap pertama akan mengompensasi lahan kita 51 hektar," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Rabu (17/5).

Pabrik ini akan menerapkan konsep ramah lingkungan. Di mana, bentuk bangunan ialah rumah kaca dan bahan bakunya berasal dari limbah perkebunan kelapa sawit.

"Bahan baku dari PTPN III ialah janjang kosong 70 persen. Sisanya Palm Kernel Meal (PKM) lebih kurang 30 persen. Itu nanti mereka buat komposisi untuk mengembangkan serangga yang menghasilkan larva, itu yang mereka proses," tuturnya.

Pabrik ini nantinya akan menyerap 1.000 tenaga kerja wanita. Sementara, hanya 30 orang asing bekerja di sana. "Nanti kebanyakan pekerjanya 1.000 orang perempuan karena lebih telaten. Sampai nanti sekolah untuk anak-anak dan penitipan bayi mereka bangun di situ," jelasnya.

Alex melanjutkan peletakan batu pertama atau groundbreaking akan dilakukan pada Juli mendatang. Pembangunannya sendiri akan selesai Februari 2019.

"Produknya nanti akan diekspor ke negara-negara Eropa." [idr]

Baca juga:
PTPN IX buka banyak lowongan kerja, ini cara daftarnya
Perusahaan BUMN ini ekspor 18 ton pisang tiap minggu ke China
Ini solusi turunkan harga gula jadi Rp 12.500/Kg dari produsen
Optimisme karet Krumput tembus pasar dunia
Semua pabrik BUMN 'haramkan' jual gula ke pedagang

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. PTPN
  3. Peternakan
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini