RI-Australia Berpotensi Kerja Sama di Bidang Film Hingga E-Sport

Kamis, 19 Mei 2022 10:51 Reporter : Siti Nur Azzura
RI-Australia Berpotensi Kerja Sama di Bidang Film Hingga E-Sport Ilustrasi film. ©2014 Merdeka.com/shutterstock/Tatiana Popova

Merdeka.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bertemu dengan anggota Australia-Indonesia Institute Board untuk menjajaki perluasan dan peluang baru kerja sama terkait upaya pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di kedua negara pascapandemi COVID-19.

Dari pertemuan tersebut, Indonesia dengan Australia berpotensi bekerja sama di bidang penyelenggaraan event, pengembangan subsektor seni pertunjukan, film, hingga e-sport.

"Kami melihat banyak sekali potensi di bidang musik untuk dikolaborasikan, begitu juga dengan kuliner, fesyen, dan seni pertunjukan. Kami juga berencana akan menampilkan karya film terbaik Indonesia pada perhelatan Indonesia Film Festival di Melbourne," kata Sandiaga di Jakarta, dikutip Antara, Kamis (19/5).

Dia menginginkan adanya pembaruan nota kesepahaman kerja sama di sektor parekraf terutama dalam bidang pendidikan. Sehingga, kelas internasional antara kedua negara tersebut kembali dibuka agar memungkinkan pertukaran pelajar maupun program magang.

Sebelumnya, Indonesia dan Australia telah menjalin nota kesepahaman dalam kerja sama pariwisata yang ditandatangani pada Juni 2001 dan berakhir di tahun 2018.

Sandiaga juga mengharapkan partisipasi para anggota Australia-Indonesia Institute Board dalam side event Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yaitu World Conference on Creative Economy (WCCE) pada 5-7 Oktober 2022 di Bali.

"Selain itu juga ada World Tourism Day dan International Wellness Tourism Conference and Festival. Kami berharap Australia dapat berpartisipasi dalam event-event tersebut," imbuhnya.

Dengan adanya kebijakan yang membuka perbatasan internasional karena pandemi COVID-19 kian terkendali, Presiden Joko Widodo dikatakan telah memberikan arahan untuk memperbolehkan masyarakat tidak menggunakan masker ketika berkegiatan di luar ruangan.

"Kami pun sudah melakukan beberapa pelonggaran untuk wisatawan mancanegara yang telah melakukan vaksinasi lengkap di antaranya peniadaan tes antigen dan PCR pada saat kedatangan. Hal ini juga berdasarkan momentum libur lebaran yang berlangsung dengan baik, sehingga kami terus berupaya melonggarkan kebijakan secara bertahap, karena keselamatan dan kesehatan wisatawan adalah hal prioritas yang harus kami perhatikan," tandasnya. [azz]

Baca juga:
Pelonggaran Penggunaan Masker Dorong Pemulihan Sektor Pariwisata
Sandiaga Gagas Creative Hub untuk Pengembangan Ekonomi Kreatif di Sragen
Sandiaga Ingin Sineas Muda Naik Kelas dan Buka Lapangan Kerja
Sandiaga Bantu Promosi Anak Berkebutuhan Khusus Lewat Program BEDIL
Menteri Sandiaga Ajak Singapura Dorong Kapal Pesiar ke Destinasi Wisata Prioritas RI
Tantangan Ekonomi Kreatif di Masa Peralihan Pandemi ke Endemi Covid-19

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini