Revisi Pertumbuhan Ekonomi BI Dinilai Kontras dengan Harapan Presiden Jokowi

Kamis, 22 April 2021 10:14 Reporter : Dwi Aditya Putra
Revisi Pertumbuhan Ekonomi BI Dinilai Kontras dengan Harapan Presiden Jokowi pertumbuhan ekonomi. ©2019 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Bank Indonesia (BI) kembali merevisi perkiraan pertumbuhan ekonomi nasional sepanjang tahun 2021 menjadi kisaran 4,1 sampai 5,1 persen. Ini menjadi revisi kedua, setelah sebelumnya dibuat revisi 4,3 sampai 5,3 persen, dari target awal 4,8 sampai 5,8 persen.

Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan BPP HIPMI, Ajib Hamdani menilai, penurunan revisi ekonomi dilakukan bank sentral ini sangat kontras dengan harapan Presiden Joko Widodo. Di mana di dalam arahannya kepala negara itu ingin kuartal kedua, Bulan April-Mei-Juni, menjadi momentum yang strategis agar pertumbuhan ekonomi bisa positif 7 persen.

Dia mengatakan poyeksi adalah sebuah konsideran yang akan dipakai untuk membuat kebijakan-kebijakan yang executable. Oleh karena itu, diperlukan arah dan orientasi yang sinkron dari seluruh stakeholders dan pembuat kebijakan, sehingga terjadi akselerasi pertumbuhan ekonomi di lapangan.

Pertumbuhan ekonomi yang sustain harus ditopang oleh investasi yang dapat meningkatkan produktivitas. Sudah sangat presisi ketika Presiden Jokowi memberikan arahan dan orientasi kemudahan investasi, dengan kemudahan regulasi dan penguatan infrastruktur penunjangnya, termasuk membentuk Kementerian Investasi.

"Seharusnya selanjutnya Bank Indonesia terus memberikan dorongan agar dunia usaha juga bisa terus bergerak dengan membuat kebijakan-kebijakan moneter yang pro dengan pertumbuhan ekonomi, mempermudah mengalirnya likuiditas di masyarakat dan menjaga stabilitas kesehatan sistem keuangan di Indonesia," kata Ajib kepada merdeka.com, Kamis (22/4).

Dia pun berharap Pemerintah dan Bank Indonesia, harus mempunyai arah dan tone yang sama, sehingga bisa menjadi pijakan regulasi yang searah, menuju perbaikan pertumbuhan ekonomi. Bukan membuat ambigu dan disorientasi pemulihan ekonomi.

Baca Selanjutnya: Sebelumnya pada rapat dewan gubernur...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini