Respons Menko Airlangga Terkait Potensi Resesi Ekonomi Indonesia

Kamis, 23 Juli 2020 20:02 Reporter : Anggun P. Situmorang
Respons Menko Airlangga Terkait Potensi Resesi Ekonomi Indonesia Rapat Tim Pemulihan Ekonomi dan Penanganan Covid-19. ©2020 Foto: Bondan/Humas Ekon

Merdeka.com - Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, memaparkan beberapa negara yang mengalami perlambatan pertumbuhan ekonomi selama pandemi Virus Corona. Negara-negara tersebut bahkan diprediksi akan memasuki zona resesi.

"Kalau kita lihat dari pandemi sektor kesehatan ini berdampak pada sektor perekonomian. Kita lihat negara-negara berkembang itu banyak yang sudah dua kali negatif seperti Thailand di kuartal I minus 1,8 persen, di kuartal II minus 11,1 persen," ujarnya melalui diskusi online, Jakarta, Kamis (23/7).

Kemudian Filipina kuartal II minus 7,6 persen, Singapura kuartal II turun minus ke angka 12 persen. Lalu Brasil juga minus 11,7 persen, sementara Mexico minus 16 persen. Negara-negara tersebut kemudian juga disusul oleh Argentina, Peru, Chili.

"Nah semua negara ini technically mereka masuk resesi," kata Menko Airlangga.

1 dari 1 halaman

Indonesia Tumbuh Minus di Kuartal II

minus di kuartal ii

Sementara itu, Indonesia di kuartal I masih positif sekitar 3 persen, kuartal II diperkirakan minus 3,8 hingga 5 persen atau bahkan diprediksi mencapai minus 4,3 persen.

"Tentu kita harus menjaga agar di kuartal III kita tidak negatif atau bahkan bisa masuk ke 0 atau positif di kuartal IV. Ini yang nanti tentu membedakan Indonesia dengan negara-negara lain," kata Menko Airlangga.

Mantan Menteri Perindustrian tersebut menambahkan, untuk proyeksi di 2021 hampir semua sumber menyatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan membaik. Beberapa di antaranya, World Bank, Bloomberg, IMF memprediksi Indonesia berada dalam jalur positif.

[bim]

Baca juga:
Pertama dalam 17 Tahun, Korea Selatan Terjerumus ke Jurang Resesi
Resesi Ekonomi Menghantui, Indonesia Harus Tingkatkan Ketahanan Pangan
Meski Resesi, Singapura Diprediksi Tetap Jadi Investor Terbesar RI
Ancaman Resesi Ekonomi dan Dampak Parah yang Ditimbulkan
Pakar Ingatkan Bahaya Resesi Ekonomi, Kebangkrutan Dunia Usaha dan PHK Besar-besaran
BI Sebut Hampir Semua Negara Alami Resesi Akibat Covid-19
Ekonom Sebut Resesi Ekonomi Bentuk Kenormalan Baru di Tengah Pandemi Covid-19

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini