Respons Mal dan Perkantoran Dibuka, Rupiah Menguat Tipis ke Level Rp14.155 per USD

Senin, 15 Juni 2020 16:26 Reporter : Anggun P. Situmorang
Respons Mal dan Perkantoran Dibuka, Rupiah Menguat Tipis ke Level Rp14.155 per USD Rupiah. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) mengalami penguatan dalam penutupan perdagangan hari ini, Senin (15/6). Dalam perdagangan sore ini, Rupiah ditutup menguat tipis 18 poin di level Rp14.115 dari penutupan sebelumnya di level Rp14.133 per USD.

Direktur TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim mengatakan, dalam masa tak menentu akibat pandemi virus corona di mana ekspor tumbuh negatif, begitu pula Impor yang turun tajam yang mengisyaratkan perekonomian akan terjadi stagnasi.

"Namun di luar dugaan neraca perdagangan indonesia yang dirilis Badan Pusat Statistik di Mei terjadi surplus USD 2,09 miliar secara bulanan. Realisasi tersebut lebih baik dari defisit USD 350 Juta pada April 2020 dan surplus USD 210 Juta pada Mei 2019," ujarnya.

Secara total neraca perdagangan Indonesia surplus USD 4,31 miliar pada Januari hingga Mei 2020. Realisasi tersebut lebih baik dari defisit USD 2,14 miliar pada Januari hingga Mei 2019.

"Surplus membawa angin segar bagi pergerakan mata uang Garuda, yang saat ini terus di ombang-ambing oleh ketidakpastian akibat pandemi Virus Corona dan perkiraan pertumbuhan ekonomi global terjadi kontraksi baik yang dirilis oleh IMF, Bank Dunia maupun OECD yang di jadikan topik utama dalam minggu ini," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Mal Dibuka

Di sisi lain dibukanya mal dan perkantoran di DKI Jakarta mempermudah pemerintah dan Bank Indonesia melakukan konsolidasi dengan menerapkan kebijakan strategi bauran ekonomi.

"Hal ini akan menambah kepercayaan tersendiri bagi pelaku pasar sehingga ada harapan roda ekonomi akan kembali berputar dan ekonomi kembali stabil sehingga arus modal asing akan kembali masuk ke pasar dalam negeri," tandasnya.

[idr]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini