Resmi IPO, Saham Kencana Energi Naik 48,99 Persen

Senin, 2 September 2019 10:32 Reporter : Merdeka
Resmi IPO, Saham Kencana Energi Naik 48,99 Persen IPO PT Kencana Energi Lestari Tbk. ©2019 Liputan6.com/Tommy Kurnia Rony

Merdeka.com - PT Kencana Energi Lestari Tbk resmi melantai di bursa saham atau initial public offering (IPO). Saham perusahaan dengan kode emiten KEEN ini langsung melesat 194 poin atau 48,99 persen, dengan harga saham naik menjadi Rp590 per saham dari harga penawaran sebesar Rp396 per saham.

PT Kencana Energi Lestari Tbk bergerak di sektor energi sekaligus perusahaan green energy pertama (tenaga air) yang mencatat saham di BEI. Perseroan adalah perusahaan ke-33 yang melakukan IPO tahun ini dan menambah target BEI dalam mengejar 57 perusahaan listing di 2019.

"Sebagai perusahaan publik green energy yang sudah beroperasional di Indonesia yang pertama mencatatkan sahamnya di bursa efek kami sangat senang dalam mengembangkan dan memajukan energi ramah lingkungan di negeri tercinta kami," ujar Direktur Utama PT Kencana Energi Lestari Tbk Henry Maknawi di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (2/9).

Perusahaan mengalami oversubscribed sebanyak 47 kali pada masa penawaran umum perdana. Besaran lembaran yang dilepas sebanyak 733.262.500 lembar saham atau setara 20 persen dari modal ditempatkan dan disetor perusahaan.

Bersamaan dengan penawaran umum perdana saham, perusahaan juga menegaskan Program Alokasi Saham Karyawan (Employee Stock Allocation) sebanyak 1.262.600 lembar saham atau setara 0,17 persen dari jumlah saham yang ditawarkan.

Penjamin pelaksana emisi efek perseroan adalah PT Bahana Sekuritas, PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia, dan PT RHB Sekuritas Indonesia. Fokus akhir tahun perusahaan adalah meraih net profit sebanyak USD 10 juta. Rencana ke depan perseroan akan meresmikan PLTA kedua di Bengkulu sebesar 21 MW dan membangun PLTA ketiga sebesar 10 MW di Tanah Toraja yang ditargetkan beroperasi di tahun 2021.

Reporter: Tommy Kurnia

Sumber: Liputan6.com [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini