Resmi IPO, Dewata Freight International incar dana segar Rp 45 miliar

Jumat, 9 November 2018 09:53 Reporter : Merdeka
Resmi IPO, Dewata Freight International incar dana segar Rp 45 miliar IPO PT Dewata Freightinternational Tbk. ©2018 Liputan6.com

Merdeka.com - PT Dewata Freight International Tbk (DEAL) resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada pagi ini. Perusahaan dengan kode DEAL tersebut merupakan emiten ke-50 yang menawarkan saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) di bursa pada tahun ini.

Direktur Utama DEAL, Bimada, mengatakan IPO merupakan bentuk komitmen untuk mewujudkan tata kelola perusahaan atau good corporate governance (GCG) lebih baik lagi untuk kedepannya.

Sementara itu, Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna menyatakan, IPO merupakan alat ukur Perseroan guna membangun hubungan hubungan yang baik dengan seluruh pemangku dan stakeholder yang ada. Terutama menjalin komunikasi dengan para investor.

"Ini perusahaan ke-50 yang tercatat di BEI. Dan menjadi perusahaan tercatat ke-612 di bursa sampai saat ini. Semoga dengan IPO dapat memperkuat image perusahaan sekaligus meningkatkan ekposure permodalan terhadap investor asing," jelasnya di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (9/11).

Pada pencatatan perdana ini, saham perseroan naik 104 poin atau 69,33 persen ke level Rp 254 dari harga IPO Rp 150. Saham DEAL ditransaksikan sebanyak 1 kali dengan volume sebanyak 10 lot dan menghasilkan nilai transaksi Rp 254.000.

Perseroan melepas 300 juta lembar saham kepada publik melalui mekanisme IPO dengan harga Rp 150 per unit. Jumlah saham yang akan ditawarkan ke publik tersebut sebesar 26,79 persen dari modal disetor dan ditempatkan DEAL setelah IPO.

Pada saat bersamaan, DEAL menerbitkan sebanyak 60 juta waran seri I yang dapat dikonversi menjadi saham baru yang dikeluarkan dari portepel. Adapun harga pelaksanaan waran sebesar Rp 187.

Dari IPO ini, perusahaan akan memperoleh tambahan modal sebesar Rp 45 miliar. Sebelumnya, Direktur Utama DEAL Bimada mengatakan, sebesar Rp 16 miliar dana IPO akan digunakan Perseroan untuk penyertaan modal kepada anak usaha, yaitu PT Dewata Makmur Bersama.

IPO DEAL telah digelar pada 2-5 November 2018. Adapun penawaran awal dimulai pada 22-24 Oktober 2018. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menerbitkan pernyataan efektif untuk DEAL pada 31 Oktober 2018.

Dalam aksi korporasi ini, perusahaan yang didirikan pada tahun 1994 tersebut, menunjuk PT Erdikha Elit Sekuritas selaku penjamin pelaksana emisi saham.

Reporter: Bawono Yadika Tulus

Sumber: Liputan6

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini