Rencana Tax Amnesty Jilid II Pengaruhi Gerak Rupiah, Hari ini Ditutup Melemah

Kamis, 20 Mei 2021 16:40 Reporter : Anggun P. Situmorang
Rencana Tax Amnesty Jilid II Pengaruhi Gerak Rupiah, Hari ini Ditutup Melemah Rupiah. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Nilai tukar Rupiah ditutup melemah 85 poin di level Rp14.375 per USD dari penutupan sebelumnya di level Rp14.290 per USD. Sedangkan untuk perdagangan besok, mata uang Rupiah kemungkinan dibuka fluktuatif namun ditutup melemah di rentang Rp14.360 hingga Rp14.450 per USD.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, pergerakan mata uang dipengaruhi oleh rencana pemerintah membahas kembali tax amnesty (pengampunan pajak). Pemerintah saat ini sedang membutuhkan dana cukup besar, salah satu strateginya adalah melakukan tax amnesty.

"Karena di tax amnesty jilid I masih banyak pengusaha yang belum melaporkan tentang kekayaannya terutama di kota-kota besar di luar DKI Jakarta dan Surabaya. Kalau seandainya semua pengusaha di seluruh nusantara ( 34 provinsi) secara suka rela melakukan tax amnesty sudah tentu negara akan mendapatkan dana yang cukup besar bahkan bisa menutupi defisit anggaran selama ini," ujarnya, Kamis (20/50.

Strategi tax amnesty ini sebenarnya sudah harus dilaksanakan pada saat 3 tahun kemudian setelah tax amnesty tahap pertama dilakukan. Namun saat itu pemerintah masih sibuk dengan program-program kerja lainnya, disamping itu ekonomi saat itu masih cukup kondusif dan wabah Covid-19 belum terdeteksi.

"Strategi ini kalau terwujud merupakan salah satu mimpi besar Pemerintah di saat Indonesia sedang berjuang menanggulangi pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum ada kepastian dan ini merupakan tantangan tersendiri bagi pemerintah untuk mencari sumber dana yang masih bisa di gali, walaupun masih ada sumber yang lainnya," paparnya.

Baca Selanjutnya: Catatan untuk Tax Amnesty Jilid...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini