Realokasi PEN Capai Rp 679 T, Pemerintah Minta Usulan Program Dipercepat

Jumat, 4 September 2020 19:30 Reporter : Dwi Aditya Putra
Realokasi PEN Capai Rp 679 T, Pemerintah Minta Usulan Program Dipercepat Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. ©Tebe/Humas Ekon

Merdeka.com - Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Airlangga Hartarto, meminta agar program-program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang telah diusulkan di tingkat pusat maupun daerah dan Kementerian Lembaga bisa selesai dalam satu minggu ini. Paling tidak, pekan depan alokasi anggaran PEN sudah dalam tahap final.

Menko Airlangga menyebut, berdasarkan laporan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sudah ada perubahan-perubahan realokasi yang dilakukan. Di mana dari total anggaran yang sudah ditetapkan sebesar Rp695,2 triliun realokasinya mencapai sebesar Rp679 triliun. Sehingga masih ada ruang Rp16 triliun untuk beberapa program yang belum masuk di dalam anggaran tersebut.

"Dan total daripada anggaran yang sudah terealokasi dari Rp695 triliun adalah Rp679 triliun. Jadi hampir seluruh program terpakai dan masih ada 1 minggu mendetailkan yang perlu tambahan," kata dia dalam konferensi pers di Kantornya, Jakarta, Jumat (4/9).

Sementara itu, terkait dengan vaksin pemerintah memastikan saat ini sudah tersedia dan untuk anggaran awal atau uang muka vaksin mencapai Rp3,3 triliun. Sementara seluruh dana yang disiapkan pemerintah sebesar Rp37 triliun keseluruhan tahun depan.

Baca Selanjutnya: Menteri Koordinator Perekonomian itu melanjutkan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini