Rayakan ultah ke-16, BAPMI buka perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia

Kamis, 9 Agustus 2018 11:22 Reporter : Merdeka
Rayakan ultah ke-16, BAPMI buka perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia Peluncuran IDX30. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Badan Arbitrase Pasar Modal Indonesia (BAPMI) membuka perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) di Sudirman, Jakarta, Kamis (9/8).

Pada kesempatan tersebut, BAPMI sekaligus merayakan hari ulang tahun lembaga yang ke-16 dengan membuka seminar bertemakan Tantangan dan Prospek Pengembangan Lembaga Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa di Sektor Jasa Keuangan Indonesia dalam Era Digital, e-Commerce dan Cross-Border Transaction.

Dalam sambutannya, Sekretaris Jenderal BAPMI Felix Soebagjo mengatakan, pertambahan usia ini sekaligus mewajibkan pihaknya untuk terus menyesuaikan diri dalam perkembangan zaman yang semakin terdigitalisasi.

"Ibarat seorang anak, maka usia BAPMI ini tengah menjelang masa kedewasaannya. Sehingga diharapkan, BAPMI dapat memantapkan posisinya dalam pengembangan pasar modal menjadi lebih baik lagi, sesuai perannya sebagai lembaga alternatif penyelesaian sengketa," jabarnya di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta.

Menurutnya, topik seminar yang diadakan tersebut terkesan mengawang-ngawang. Tapi, dia menekankan bahwa kondisi itu sedang benar-benar terjadi serta menjadi persoalan yang riil dan kontekstual yang kini tengah dihadapi.

Katanya, sektor keuangan nasional mau tidak mau harus bisa beradaptasi dan menghadapi segala tantangan era digital dan e-commerce agar ke depan dapat terus sustain.

"Mungkin, ini sudah kita prediksi sejak beberapa tahun lalu. Tapi kita lambat dalam mempersiapkan sumber daya manusia dan infrastruktur yang mestinya sudah dibangun dari jauh-jauh hari untuk menyongsong era tersebut," tutur Felix.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [idr]

Topik berita Terkait:
  1. Bursa Saham
  2. BEI
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini